INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DESA SERANGAN MELALUI BALIGRAFI DAUN LONTAR DI SMP NEGERI 11 DENPASAR

Penulis

  • I Wayan Gede Wisnu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Sukma Wirani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Ludy Paryatna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Trifalah Nurhuda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Diana Sari Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kearifan lokal, desa serangan, baligrafi, daun lontar

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi dan implikasi dari integrasi kearifan lokal Desa Serangan melalui pelatihan Baligrafi daun lontar di SMPN 11 Denpasar sebagai upaya pelestarian budaya dan penguatan identitas serta karakter siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan berbasis proyek melalui pelatihan pembuatan Baligrafi dengan media daun lontar, didukung oleh instrumen observasi, wawancara, dan portofolio karya siswa yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil kajian pelatihan ini terefleksi melalui keterampilan teknis berupa karya Baligrafi siswa di daun lontar dan kesadaran budaya siswa terhadap kearifan lokal yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Sejalan dengan hal tersebut, pelatihan ini sekaligus memperkuat peran sekolah sebagai agen pelestarian budaya dalam di tengah globalisasi dan modernisasi. Integrasi kearifan lokal melalui pelatihan Baligrafi daun lontar memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga keberlanjutan budaya Bali sekaligus memperkaya mutu pendidikan karakter di sekolah secara berkelanjutan.

Referensi

Arsha, I M. R. M. 2024. Konsep Ekonomi Kerthi Bali Dalam Pariwisata Berkelanjutan di Desa Adat Serangan. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen Vol 14 (1).

Ayu, N. A. C. & Bela, L. S. (2023). Perubahan Pola Pikir Generasi Muda Terhadap Budaya Tradisional Indonesia Dalam Perspektif Global. Jurnal Kajian Budaya Bahasa dan Sastra, 3(03), 26-31, 26–31. https://doi.org/10.69957/tanda.v3i03.1884

Firdaus, S. & Rizal, S. (2025). Budaya Positif Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 114-128.

Moleong, L. J. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Philia, I. T., Sembiring, T., Siahaan, R. Y., Pratama, D. E., Iqbal, M. (2025). Dampak Modernisasi Terhadap Dinamika Kebudayaan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegara Indonesia, 2 (2), 10-22,https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.239

Sumadiyasa, I K. (2021). Karya Seni Baligrafi: Perpaduan Aksara, Sastra, Rupa Dan Jnana. Vidya Wertta, 4(2), 70-81.

Wisnu, I W. G., Purnami, I. A. P., Paryatna, I. B. M. L. (2022). Pelatihan Visualisasi Karya Fiksi Melalui Naskah Lontar Pada Rumah Budaya Penggak Men Mersi Kesiman. Prosiding Senadimas 7 Tahun 2022

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025