PELATIHAN GROOMING, PROFESSIONAL ATTITUDE, DAN WORKPLACE ADAPTATION BAGI SISWA SMKN DI BULELENG
Kata Kunci:
adaptasi kerja, grooming, sikap profesional, siswa SMK, pelatihan perhotelanAbstrak
Kesiapan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memasuki dunia kerja tidak hanya ditentukan oleh keterampilan teknis, tetapi juga oleh sikap profesional, penampilan diri (grooming), dan kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja. Namun demikian, hal tersebut memberi tantangan tersendiri bagi generasi muda terutama Gen Z yang cenderung lebih terbuka dan kreatif, tapi juga memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal disiplin dan cara bekerja dibanding generasi sebelumnya. Generasi ini kadang sulit menerima aturan kaku terkait grooming dan sikap profesional karena nilai-nilai dan kebiasaan digital yang kuat. Selain itu, adaptasi di lingkungan kerja nyata bisa menjadi tantangan karena kurangnya pengalaman langsung. Oleh karena itu, pelatihan khusus sangat diperlukan untuk membimbing mereka memahami standar industri, membentuk sikap profesional, dan melatih kemampuan adaptasi agar siap bersaing dan sukses saat magang atau bekerja nanti. Melihat pentingnya hal tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di tiga SMK di Kabupaten Buleleng, yaitu SMKN 1 Singaraja, SMKN 2 Sambangan, dan SMKN 1 Sukasada, dengan total peserta sebanyak 220 siswa. Metode pelatihan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan role play yang disertai dengan beberapa kuis untuk meningkatkan pemahaman secara aktif dan menyenangkan. Kegiatan diawali dengan pre-test untuk mengukur pemahaman awal siswa, dan diakhiri dengan post-test untuk mengevaluasi hasil pelatihan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terkait pentingnya grooming, sikap profesional, dan adaptasi kerja. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan siswa SMK agar mampu memenuhi tuntutan industri yang semakin kompetitif, sekaligus menjadi bagian dari penguatan karakter generasi muda di era kerja modern.
Referensi
ASEAN TVET Council. (2021). Regional Analysis of Technical and Vocational Education and Training (TVET) in Tourism and Hospitality in Southeast
Asia. ASEAN Secretariat.Retrieved from: https://asean.org
Deloitte. (2023). Global Hospitality Outlook 2023: Reimagining Workforce Strategies for the Future. Deloitte Insights. Retrieved from: https://www2.deloitte.com
Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. (2023). Laporan Kinerja Sektor Pariwisata Kabupaten Buleleng Tahun 2023. Singaraja: Dinas Pariwisata.
Gursoy, D., Maier, T. A., & Chi, C. G. (2008). Generational differences: An examination of work values and generational gaps in the hospitality workforce. International Journal of Hospitality Management.
Goleman, D. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. New York: Bantam Books.
J. J. Heckman and T. Kautz,. “Hard Evidence on Soft Skills,” Labour Economics 19, No. 4 (2012)
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Kotler, J Bowen, J Makens. (2017). Marketing for Hospitality & Tourism Editorial Prentice- Hall Hispanoamericana, SA: Worldwide Hospitality and Tourism Themes 9 (6), 592- 602, 2017. 161, 2017.
Oktaviani, R., & Nugroho, Y. (2021). Pengembangan Soft Skills melalui Pelatihan Profesionalisme bagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 120-130.
Robles, M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today's Workplace. Business Communication Quarterly, 75, 453-465.
Schroth, H. (2019). Are You Ready for Gen Z in the Workplace? California Management Review, 61(3), 5–18. https://doi.org/10.1177/0008125619841006
Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z Goes to College. San Francisco: Jossey- Bass.
Suharti, L., & Suwanto, E. (2014). The Impact of Soft Skills and Training on Employee Performance in the Hospitality Industry. Tourism Review.
Setiawan, B. (2021). Etika Pelayanan dalam Dunia Kerja: Teori dan Praktik. Jurnal Administrasi dan Pelayanan Publik, 12(1), 45–55.
Tang, K. N. (2020). The Importance of Soft Skills Acquisition by Teachers in Higher Education Institutions. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41, 22-27.
Utami, R., & Utari, D. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan di Industri Pariwisata. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2), 75–84.
UNWTO. (2021). Tourism and Jobs: Building a Better Future for All. Madrid: World Tourism Organization.
World Travel and Tourism Council (WTTC). (2022). Travel & Tourism Economic Impact 2022: Global Trends and Future Skills. WTTC Publications. Retrieved from: https://wttc.org
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 N. Trianasari, Ni Luh Henny Andayani, Putu Gede Parma, Fridayana Yudiaatmaja, Made Mas Yogiswari, Ketut Listiani, Putu Girikusuma Wardana, Ni Putu Adnyaswari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
