LESSON STUDY PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA SINGARAJA

Penulis

  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Novia Kusumayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Mery Yunithasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Widiarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Kade Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

lesson study, pembelajaran dan asesmen inovatif, pembelajaran mendalam, inkuiri 5E

Abstrak

Lesson study ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dan asesmen inovatif untuk mendukung pendekatan pembelajaran mendalam  kegiatan ini merupakan  bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar  Negeri 1 Banjar Jawa dalam pembelajaran dan asesmen inovatif. Lesson study melibatkan lima guru, terdiri dari guru kelas rendah dan tinggi, yang melalui empat fase: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada fase perencanaan, guru bersama-sama mengembangkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) dan instrumen evaluasi, dengan guru kelas IV sebagai guru model. Pelaksanaan dilakukan melalui pembelajaran model inkuiri 5E diikuti dengan refleksi dan diskusi hasil pengamatan. Hasil menunjukkan perangkat pembelajaran terimplementasi dengan baik, siswa aktif belajar, dan guru berhasil mengaplikasikan model pembelajaran inkuiri 5E secara utuh dari perencanaan hingga evaluasi. Implementasi pembelajaran inkuiri melalui lesson study efektif dalam mewujudkan hasil belajar siswa dengan rata-rata skor 89,11 yang melampaui kriteria ketuntasan minmal yakni 70,00.

Referensi

Ahmad, F., Sari , I N., Munawwarah, Cahyani, V.P, dan Jumrah, E. (2025). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SDN 112 Inpres. Jurnal Abdinas Indonesia, 5 (1): 507-515.

Ain N., Kurniawati, R.E., Firdaus L., dan Zuhro, L.F. (2025). Application of Deep Learning-Based Problem Based Learning to Increase Motivation and Critical Thinking of Elementary School Students. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-9 https://doi.org/10.56393/lucerna.v5i1.3288.

Collette, A.T. and Chiappetta.,1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Third Edition. New York: Macwell Macmillan International

Diana H. J. M., Dolmans, Diana HJM., Loyens, Sofie, M.M., Marcq H., and Gijbels.(2016). Deep and surface learning in problem-based learning: Adv in Health Sci Educ , 21,1087–1112. DOI 10.1007/s10459-015-9645-6.

Hidayat, S., Agusta , E., Siroj, R.A dan Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 4(2). 171-178. DOI: http://doi.org/ 10.22146/jpkm.31423.

Kuslan, L. I. dan Stone, H. A. (1968). Teaching Children. Science: An Inquiry Approach, New York : Wadsworth. Publishing Co. Inc.

Lenski, S. J., & Caskey, M. M. (2009). Using the Lesson Study Approach to Plan for Student Learning. Middle School Journal, 40(3), 50-57.

Leong, M., Raphael, J., dan Radick,R, (2021). Lesson Study. Participant Guide. Education Northwest.

Mayoux, L. 2005., Participatory Action Learning System (PALS). Training Manual.

Miller, E.c and and Krajcik, J.S. 2019). Promoting deep learning through project based learning: a design problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research 1(7).

Nafia’ah J. and Faruq, J. (2025). Conceptualizing Deep Learning Approach in Primary Education: Integrating Mindful, Meaningful, and Joyful. Journal of Educational Research and Practice 3(2).

Nesusina, N., Intrarakhamhaeng, P., Supadolc, P., Piengkes, N., and Poonpipathanae, S. (2014). Development of lesson plans by the lesson study approach for the 6th grade students in social study subject based on open approach innovation. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116, 1411 – 1415.

Ong, et al. (2020). The effect Of 5E inquiry Learning model on the science achievement in the learning of “Magnet” among year 3 students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 1-10.

Peraturan Menteri Pendidikan Dasar Dan Menengah Republik IndonesiaNomor 13 Tahun 2025 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

Silmi, A.F., 2017. Participatory Learning And Action (PLA) di Desa Terpencil Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 81-98.

Trowbridge, L.W and Bybee Rodger W., 1990. Becoming a Secondary School Science Teacher. Fith Edition.London: Merril Publishing Company.

Ahmad, F., Sari , I N., Munawwarah, Cahyani, V.P, dan Jumrah, E. (2025). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SDN 112 Inpres. Jurnal Abdinas Indonesia, 5 (1): 507-515.

Ain N., Kurniawati, R.E., Firdaus L., dan Zuhro, L.F. (2025). Application of Deep Learning-Based Problem Based Learning to Increase Motivation and Critical Thinking of Elementary School Students. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-9 https://doi.org/10.56393/lucerna.v5i1.3288.

Collette, A.T. and Chiappetta.,1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Third Edition. New York: Macwell Macmillan International

Diana H. J. M., Dolmans, Diana HJM., Loyens, Sofie, M.M., Marcq H., and Gijbels.(2016). Deep and surface learning in problem-based learning: Adv in Health Sci Educ , 21,1087–1112. DOI 10.1007/s10459-015-9645-6.

Hidayat, S., Agusta , E., Siroj, R.A dan Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 4(2). 171-178. DOI: http://doi.org/ 10.22146/jpkm.31423.

Kuslan, L. I. dan Stone, H. A. (1968). Teaching Children. Science: An Inquiry Approach, New York : Wadsworth. Publishing Co. Inc.

Lenski, S. J., & Caskey, M. M. (2009). Using the Lesson Study Approach to Plan for Student Learning. Middle School Journal, 40(3), 50-57.

Leong, M., Raphael, J., dan Radick,R, (2021). Lesson Study. Participant Guide. Education Northwest.

Mayoux, L. 2005., Participatory Action Learning System (PALS). Training Manual.

Miller, E.c and and Krajcik, J.S. 2019). Promoting deep learning through project based learning: a design problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research 1(7).

Nafia’ah J. and Faruq, J. (2025). Conceptualizing Deep Learning Approach in Primary Education: Integrating Mindful, Meaningful, and Joyful. Journal of Educational Research and Practice 3(2).

Nesusina, N., Intrarakhamhaeng, P., Supadolc, P., Piengkes, N., and Poonpipathanae, S. (2014). Development of lesson plans by the lesson study approach for the 6th grade students in social study subject based on open approach innovation. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116, 1411 – 1415.

Ong, et al. (2020). The effect Of 5E inquiry Learning model on the science achievement in the learning of “Magnet” among year 3 students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 1-10.

Peraturan Menteri Pendidikan Dasar Dan Menengah Republik IndonesiaNomor 13 Tahun 2025 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

Silmi, A.F., 2017. Participatory Learning And Action (PLA) di Desa Terpencil Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 81-98.

Trowbridge, L.W and Bybee Rodger W., 1990. Becoming a Secondary School Science Teacher. Fith Edition.London: Merril Publishing Company.

Ahmad, F., Sari , I N., Munawwarah, Cahyani, V.P, dan Jumrah, E. (2025). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SDN 112 Inpres. Jurnal Abdinas Indonesia, 5 (1): 507-515

Ain N., Kurniawati, R.E., Firdaus L., dan Zuhro, L.F. (2025). Application of Deep Learning-Based Problem Based Learning to Increase Motivation and Critical Thinking of Elementary School Students. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-9 https://doi.org/10.56393/lucerna.v5i1.3288.

Collette, A.T. and Chiappetta.,1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Third Edition. New York: Macwell Macmillan International.

Diana H. J. M., Dolmans, Diana HJM., Loyens, Sofie, M.M., Marcq H., and Gijbels.(2016). Deep and surface learning in problem-based learning: Adv in Health Sci Educ , 21,1087–1112. DOI 10.1007/s10459-015-9645-6.

Hidayat, S., Agusta , E., Siroj, R.A dan Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 4(2). 171-178. DOI: http://doi.org/ 10.22146/jpkm.31423.

Kuslan, L. I. dan Stone, H. A. (1968). Teaching Children. Science: An Inquiry Approach, New York : Wadsworth. Publishing Co. Inc.

Lenski, S. J., & Caskey, M. M. (2009). Using the Lesson Study Approach to Plan for Student Learning. Middle School Journal, 40(3), 50-57.

Leong, M., Raphael, J., dan Radick,R, (2021). Lesson Study. Participant Guide. Education Northwest.

Mayoux, L. 2005., Participatory Action Learning System (PALS). Training Manual.

Miller, E.c and and Krajcik, J.S. 2019). Promoting deep learning through project based learning: a design problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research 1(7).

Nafia’ah J. and Faruq, J. (2025). Conceptualizing Deep Learning Approach in Primary Education: Integrating Mindful, Meaningful, and Joyful. Journal of Educational Research and Practice 3(2).

Nesusina, N., Intrarakhamhaeng, P., Supadolc, P., Piengkes, N., and Poonpipathanae, S. (2014). Development of lesson plans by the lesson study approach for the 6th grade students in social study subject based on open approach innovation. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116, 1411 – 1415.

Ong, et al. (2020). The effect Of 5E inquiry Learning model on the science achievement in the learning of “Magnet” among year 3 students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 1-10.

Peraturan Menteri Pendidikan Dasar Dan Menengah Republik IndonesiaNomor 13 Tahun 2025 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Silmi, A.F., 2017. Participatory Learning And Action (PLA) di Desa Terpencil Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 81-98.

Trowbridge, L.W and Bybee Rodger W., 1990. Becoming a Secondary School Science Teacher. Fith Edition.London: Merril Publishing Company.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025