PELATIHAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU SD SE-GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG

Penulis

  • I Nyoman Sutrisna Angga Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Astiti Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Risa Rahayu Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi digital, artificial intelligence, prompting, guru sekolah dasar, pelatihan

Abstrak

Kemajuan teknologi digital, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), menuntut guru sekolah dasar untuk mampu beradaptasi dalam proses pembelajaran dan pengelolaan administrasi. Namun, hasil identifikasi kebutuhan menunjukkan bahwa literasi digital guru di Gugus V Kecamatan Tegallalang masih rendah, serta pemanfaatan AI belum optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan penggunaan AI melalui pelatihan dan pendampingan. Metode pelaksanaan meliputi pemberian materi literasi digital, praktik penggunaan AI, serta pendampingan implementasi di sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman guru, dengan rata-rata skor post-test naik 35% dibanding pre-test. Selain itu, 78% guru mulai memanfaatkan aplikasi AI seperti ChatGPT dan Canva AI untuk membuat media ajar dan administrasi sekolah. Guru juga lebih memahami teknik prompting yang efektif dengan memanfaatkan kerangka seperti CARE (Context, Action, Results, Example), sehingga mampu menghasilkan keluaran AI yang lebih relevan dan bermanfaat. Program ini berhasil meningkatkan kapasitas guru dalam mengintegrasikan AI secara etis, efektif, dan berkelanjutan.

Referensi

Fadli, M., & Hasanah, U. (2021). Keamanan digital dalam pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi, 3(2), 92–100.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Putra, D. P., & Purnamasari, A. (2020). The challenge of teacher digital literacy in Education 4.0 era. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4), 042028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042028

Puspitasari, D., & Ramadhani, M. (2020). Increasing digital literacy through education and training. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042042. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042042

Rizky, P., & Nurhadi, D. (2022). Chatbot-based learning for increasing student engagement. Education and Information Technologies, 27(1), 533–552. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10635-1

Riyanto, A. (2020). Teacher challenges in digital learning. International Journal of Education, 12(2), 55–63.

Widodo, H., & Setiawan, I. (2022). Pemanfaatan AI dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 4(3), 234–243.

Wahyuni, S., Sudrajat, A., & Ningsih, S. (2020). The effect of digital literacy on innovation capability of teachers. International Journal of Instruction, 13(2), 623–638.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0

Yusuf, M., & Prasetyo, S. (2021). Etika penggunaan teknologi digital dalam pendidikan. Jurnal Etika Teknologi Pendidikan, 5(1), 10–19.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025