LITERASI DAN NUMERASI UNTUK GENERASI EMAS: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU DI SD N 1 PADANGBULIA

Penulis

  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Pujawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Oka Riawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Literasi, Numerasi, Pelatihan, Pendampingan, Sekolah Dasar

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru serta keterampilan siswa dalam literasi dan numerasi sebagai bekal mewujudkan Generasi Emas 2045. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 1 Padangbulia, Kabupaten Buleleng, dengan melibatkan guru dan siswa kelas IV–VI. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, tanya jawab, diskusi, workshop penyusunan perangkat ajar, pendampingan implementasi pembelajaran, serta kegiatan literasi-numerasi bagi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru lebih memahami konsep literasi dan numerasi serta mampu merancang perangkat ajar berbasis konteks, sementara siswa lebih aktif, antusias, dan menunjukkan peningkatan skor post-test dibandingkan pre-test. Respon guru dan siswa sangat positif terhadap kegiatan, terbukti dari keterlibatan aktif selama pelatihan, diskusi, dan kegiatan kelas. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kapasitas guru dan keterampilan dasar siswa, serta menjadi model penguatan literasi dan numerasi di sekolah dasar.

Referensi

Humairah, H., Khasanah, L. A. I. U., &

Riansyah, D. M. (2024). Analysis of

The Implementation program

Numeracy Literacy for Teacher

Working Groups in Building a Literate

Culture. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1),

–165.

https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.448

OECD. (2020). PISA 2018 Results: What

Students Know and Can Do. Paris:

OECD Publishing.

Putri, L. M. M., Aini, I. N., Fitriyana, &

Sriwijayanti, R. P. (2023).

PENGARUH LITERASI DAN

NUMERASI DALAM

MENINGKATKAN HASIL

ASESEMEN KOMPETENSI

MINIMUM KELAS 5 SDN GADING

KULON II KABUPATEN

PROBOLINGGO TAHUN

PELAJARAN 2022/2023. Jurnal

Pendidikan Dasar & Keguruan, 3(2),

–181.

Ritonga, M. U., Wuryani, E. P., & Nasution,

R. F. (2024). Development of

Indonesian teaching materials based

on thematic learning model to improve

higher order thinking and numeracy

literacy of elementary school students.

KEMBARA Journal of Scientific

Language Literature and Teaching,

(2), 635–646.

https://doi.org/10.22219/kembara.v10

i2.35253

Suarsana, I. M. (2021). Pelatihan

Pembuatan Dan Penggunaan Alat

Peraga Matematika Bagi Kelompok

Kerja Guru Sd Gugus Vi Kecamatan

Kubu Tambahan. Prosiding Seminar

Nasional Penelitian Dan Pengabdian

, 833–840.

http://prosiding.rcipublisher.org/index

.php/prosiding/article/view/232/107

Sugiarta, I. M., Pujawan, I. G. N., Trisna, G.

A. P. S., & Suarsana, I. M. (2023).

Penguatan Literasi Dan Numerasi

Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru

Smp Negeri 2 Kubu, Kabupaten

Karangasem. Senadimas Undiksha

, 8(November), 166–173.

Tim SPBE Diskominfos Provinsi Bali.

(2022). Rata-rata Kemampuan

Litearsi dan Numerasi SD, SMP, SMA

| Proceeding Senadimas Undiksha 2025

P-ISSN: 2986 –4615

Volume 10, No 1, 30 November 2025

Provinsi Bali.

Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024).

Literasi Numerasi di Sekolah Dasar

Berdasarkan Indikator PISA 2023;

Systematic Literatur Review. Journal

of Instructional and Development

Researches, 4(3), 172–191.

https://doi.org/10.53621/jider.v4i3.32

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025