LITERASI DAN NUMERASI UNTUK GENERASI EMAS: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU DI SD N 1 PADANGBULIA
Kata Kunci:
Literasi, Numerasi, Pelatihan, Pendampingan, Sekolah DasarAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru serta keterampilan siswa dalam literasi dan numerasi sebagai bekal mewujudkan Generasi Emas 2045. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 1 Padangbulia, Kabupaten Buleleng, dengan melibatkan guru dan siswa kelas IV–VI. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, tanya jawab, diskusi, workshop penyusunan perangkat ajar, pendampingan implementasi pembelajaran, serta kegiatan literasi-numerasi bagi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru lebih memahami konsep literasi dan numerasi serta mampu merancang perangkat ajar berbasis konteks, sementara siswa lebih aktif, antusias, dan menunjukkan peningkatan skor post-test dibandingkan pre-test. Respon guru dan siswa sangat positif terhadap kegiatan, terbukti dari keterlibatan aktif selama pelatihan, diskusi, dan kegiatan kelas. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kapasitas guru dan keterampilan dasar siswa, serta menjadi model penguatan literasi dan numerasi di sekolah dasar.Referensi
Humairah, H., Khasanah, L. A. I. U., &
Riansyah, D. M. (2024). Analysis of
The Implementation program
Numeracy Literacy for Teacher
Working Groups in Building a Literate
Culture. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1),
–165.
https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.448
OECD. (2020). PISA 2018 Results: What
Students Know and Can Do. Paris:
OECD Publishing.
Putri, L. M. M., Aini, I. N., Fitriyana, &
Sriwijayanti, R. P. (2023).
PENGARUH LITERASI DAN
NUMERASI DALAM
MENINGKATKAN HASIL
ASESEMEN KOMPETENSI
MINIMUM KELAS 5 SDN GADING
KULON II KABUPATEN
PROBOLINGGO TAHUN
PELAJARAN 2022/2023. Jurnal
Pendidikan Dasar & Keguruan, 3(2),
–181.
Ritonga, M. U., Wuryani, E. P., & Nasution,
R. F. (2024). Development of
Indonesian teaching materials based
on thematic learning model to improve
higher order thinking and numeracy
literacy of elementary school students.
KEMBARA Journal of Scientific
Language Literature and Teaching,
(2), 635–646.
https://doi.org/10.22219/kembara.v10
i2.35253
Suarsana, I. M. (2021). Pelatihan
Pembuatan Dan Penggunaan Alat
Peraga Matematika Bagi Kelompok
Kerja Guru Sd Gugus Vi Kecamatan
Kubu Tambahan. Prosiding Seminar
Nasional Penelitian Dan Pengabdian
, 833–840.
http://prosiding.rcipublisher.org/index
.php/prosiding/article/view/232/107
Sugiarta, I. M., Pujawan, I. G. N., Trisna, G.
A. P. S., & Suarsana, I. M. (2023).
Penguatan Literasi Dan Numerasi
Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru
Smp Negeri 2 Kubu, Kabupaten
Karangasem. Senadimas Undiksha
, 8(November), 166–173.
Tim SPBE Diskominfos Provinsi Bali.
(2022). Rata-rata Kemampuan
Litearsi dan Numerasi SD, SMP, SMA
| Proceeding Senadimas Undiksha 2025
P-ISSN: 2986 –4615
Volume 10, No 1, 30 November 2025
Provinsi Bali.
Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024).
Literasi Numerasi di Sekolah Dasar
Berdasarkan Indikator PISA 2023;
Systematic Literatur Review. Journal
of Instructional and Development
Researches, 4(3), 172–191.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, I Gusti Putu Sudiarta, I Gusti Ngurah Pujawan, I Putu Pasek Suryawan, I Made Oka Riawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
