IMPLEMENTASI DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU PJOK DI KECAMATAN SUKASADA
Kata Kunci:
deep learning, lesson plan, physical educationAbstrak
Pendekatan deep learning menekankan pemahaman mendalam, berpikir kritis, dan pembelajaran yang
lebih menyenangkan yang berfokus pada tiga elemen utama yaitu mindful learning (kesadaran), meaningful
learning (bermakna), dan joyful learning (menyenangkan). Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)
ini adalah meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep deep learning dan keterampilan guru dalam merancang
modul ajar berbasis deep learning. Sasaran dalam kegiatan ini adalah guru PJOK di Kecamatan Sukasada
berjumlah 30 orang. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan
dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Sebagian besar pengetahuan guru tentang konsep deep
learning dalam kategori baik dan guru telah mampu merancang modul ajar berbasis deep learning, meskipun
beberapa orang masih memerlukan bimbingan teknis
Referensi
Hattie, J. A. C., & Donoghue, G. M. (2016). Learning strategies: A synthesis and conceptual model. Npj Science of Learning, 1(1), 1–13.
Jiang, R. (2022). Understanding, Investigating, and promoting deep learning in language education: A survey on chinese college students’ deep learning in the online EFL teaching context. Frontiers in Psychology, 13, 955565. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.955565
Kemendikdasmen. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70.
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.
Mustafa, P. S., Lufthansa, L., & Artanty, A. (2025). Monograf Deep Learning dalam Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Insight Mediatama.
Mystakidis, S. (2021). Deep Meaningful Learning. In Encyclopedia (Vol. 1, Issue 3, pp. 988–997). https://doi.org/10.3390/encyclopedia1030075
Ragoonaden, K. (2015). Mindful Education and Well-Being. Lexington Books.
Suherman, A. (2016). Pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw dan tgt (teams game tournament) terhadap keterampilan sosial dan keterampilan bermain bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 8–15.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Wayan Artanayasa, Ni Putu Dwi Sucita Dartini, Ni Luh Putu Spyanawati, I Made Satyawan, I Kadek Happy Kardiawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
