BEDAH BUKU LENTERA BATUKARU DAN PELATIHAN MENULIS RESENSI BAGI SISWA SMAN 1 PUPUAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI LITERASI DIGITAL

Penulis

  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Rasna Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sugi Partawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

bedah buku, literasi digital, menulis resensi

Abstrak

PkM ini bertujuan mengenalkan dan melatihkan satu kegiatan praktis terkait literasi di sekolah. Kegiatan literasi belum memanfaatkan potensi-potensi literasi yang ada di lingkungan sekolah, seperti keberadaan penulis, komunitas literasi, atau penerbit indi. Praktik baik literasi digital juga belum banyak dilakukan di sekolah karena literasi masih sering dipertentangkan dengan kegiatan konvensional, yakni membaca buku cetak/kertas. Sehubungan dengan persoalan tersebut, PkM ini memanfaatkan potensi-potensi literasi yang ada di lingkungan SMAN 1 Pupuan, yaitu keberadaan penulis/jurnalis Putu Setia dan buku terbarunya, Lentera Batukaru. Bentuk kegitan yang dipilih adalah bedah buku dan pelatihan menulis resensi atau tinjauan buku untuk dijadikan konten media sosial dalam rangka pengembangan literasi digital. Khalayak sasaran PkM adalah siswa SMAN 1 Pupuan, terutama kelompok siswa jurnalistik. Metode PkM yang digunakan adalah pelatihan dan forum ilmiah (untuk bedah buku). Rancangan evaluasi kegiatan deskriptif kualitatif dengan sejumlah kriteria capaian. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan PkM ini sudah berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya. Luaran PkM ini antara lain: peningkatan kemampuan literasi digital iswa, kemampuan menulis resensi siswa, keterampilan analisis dan kritisis siswa, peningkatan kemampuan menyusun konten ligital yang bersumber pada buku, penguatan kolaborasi sosial dan komunikasi siswa.

Referensi

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk hingga Akar: Sebuah Refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gutlom, F. R. S. P., Sitorus, R. M., & Nababan, S. A. (2025). “Pentingnya Teks Ulasan Buku dalam Dunia Akademik dan Jurnalistik”. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2).

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). “Pelaksanaan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa”. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151.

Kastro, A. (2020). “Peranan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 4(1), 92-100.

Khusniati, M., & Pamelasari, S. D. (2014). “Penerapan Critical Review terhadap Buku Guru IPA Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Naufal, HA. (2021). “Literasi Digital”. Perspektif. Jurnal.jkp-bali.com

Prayogi, A., Asirah, K., Maulida, R., & Anggana, R. A. (2023). “Workshop Resensi Buku: Menguatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa dan Staf Perpustakaan UIN Gusdur”. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 2(2), 67-74.

Persadha, D. A. K. (2016). “Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa”. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20.

Rohmalinda, I. (2022). “Efektivitas Teknik Membaca Accelerated Learning terhadap Kemampuan Menulis Resensi Buku pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kisam Ilir Palembang”. Jurnal Al-Fatih, 5(1), 57-68.

Rosidah, A., Astuti, R. D., & Kholidah, U. (2023). “Pelatihan Penulisan Teks Resensi di Smk Muhammadiyah Ambarawa”. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 24-26.

Silalahi. 2017. “Kegiatan Penggiat Resensi Buku pada Perpustakaan Digital Universitas Negeri Medan (UNIMED)”. repositori.usu.ac.id

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). “Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325.

Syahid, A. A. (2016). “Resensi Buku: Membuka Pemikiran Baru tentang Belajar dan Pembelajaran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 111-119. ejournal.upi.edu.

Widyani, N., Widiyanto, M., Rahayu, E. S., & Kusumo, H. (2016). “Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. repostori.kemdikbud.go.id.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025