PENINGKATAN EFISIENSI ADMINISTRASI GURU MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI DI SMK NEGERI 1 GEROKGAK

Penulis

  • Putu Yudia Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Md. Dendi Maysanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Teguh Dermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dhanu Driya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Artini Artalia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Putri Satya Uttami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Dwi Aprillia Kusuma Wiryani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

generative AI, AI detector, administrasi pendidikan, guru SMK, transformasi digital

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gerokgak dengan melibatkan 35 guru sebagai peserta. Program ini bertujuan mengoptimalkan tugas administratif guru melalui pemanfaatan generative AI dan AI detector. Selama tiga hari pelatihan, guru diperkenalkan berbagai tools AI yang relevan untuk administrasi sekolah dan diberikan praktik langsung dalam penyusunan dokumen. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 56% meningkat menjadi 89,71% pada post-test. Kuesioner evaluasi juga mencatat tingkat kepuasan sebesar 89,29%, yang menandakan pelatihan ini relevan dan bermanfaat. Secara keseluruhan, program ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi berbasis AI dalam administrasi pendidikan. Generative AI meningkatkan efisiensi penyusunan dokumen, sedangkan AI detector memastikan keaslian dan integritasnya. Hasil positif ini menjadi langkah awal membangun budaya kerja guru yang lebih modern, efisien, dan akuntabel di era transformasi digital.

Referensi

Anindita. 2025. “Fungsi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Membantu Tugas Administrasi Guru.” https://www.karier.mu/business/blog/fungsi-kecerdasan-buatan-ai-dalam-membantu-tugas-administrasi-guru/.

Bakhadirov, Mukhammadfoik. 2024. “Factors Influencing Teachers ’ Use of Artificial Intelligence for Instructional Purposes.” IAFOR Journal of Education: Technology in Education 12(2):9–32.

Fahmi, Syaifuddin. 2024. “Pemanfaatan Teknologi AI Untuk Menunjang Pemasaran Produk Umkm Di Kota Malang.” Berdaya Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):91–103.

Fitria, Tira Nur. 2021. “Artificial Intelligence (AI) In Education : Using AI Tools for Teaching and Learning Process.” Pp. 134–47 in Prosiding Seminar Nasional and Call for Paper STIE AAS.

Hermanto, Irwan Adhi Prasetya, Muhammad Faqih Dzulqarnain, Wandi Sujatmiko, and Mira Wulandari. 2024. “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Berbasis Digital.” Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3):574–82.

Mikalef, Patrick, and Manjul Gupta. 2021. “Artificial Intelligence Capability : Conceptualization , Measurement Calibration , and Empirical Study on Its Impact on Organizational Creativity and Firm Performance.” Information & Management 58(103434):1–20. doi:10.1016/j.im.2021.103434.

Ranuharja, Fadhli, Willyansyah, Rizka Yani Marta, Ayu Hendra, Rudi Mulya, and Igor Novid. 2025. “AI-Based Training to Enhance Teachers’ Behavioral Intentions and Willingness to Utilize AI Technology in Classroom Learning.” Jurnal EMPOWERMENT; Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 14(1):82–91.

Saudagar, Ferdiaz, Denny Denmar, and Robi Hendra. 2024. “Workshop Pelatihan Administrasi Sekolah : Menerapkan Teknologi AI Dalam Perencanaan Pendidikan Di SMK Negeri 8 Merangin.” Journal of Human and Education 4(5):1173–79.

Solihin, Annas. 2024. “Penerapan AI Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Sekolah Dasar.” https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/post/penerapan-ai-dalam-meningkatkan-keterampilan-berpikir-kritis-anak-sekolah-dasar.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025