PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI STEM GURU SD SARASWATI 3 DENPASAR UNTUK MEWUJUDKAN DEEP LEARNING

Penulis

  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dian Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

inservice teacher training, STEM, deep learning

Abstrak

Pemerintah menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia unggul, yang salah satunya dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis STEM. Namun, implementasi STEM di sekolah dasar masih terbatas karena kurangnya pengalaman guru dalam implementasi STEM. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran STEM. Peserta dalam pelatihan ini ialah 33 guru SD Saraswati 3 Denpasar. Program dilaksanakan dengan metode inservice training (INSET) model Joyce & Showers, yang meliputi presentasi teori, pemodelan, praktik simulasi, serta pemberian umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, program ini efektif untuk mengembangkan keterampilan guru dalam merancang aktivitas berbasis STEM. Selain itu, pengetahuan guru juga meningkat dari skor rata-rata 56 menjadi 80. Dengan demikian, pelatihan ini berdampak positif dalam memperkuat pemahaman dan keterampilan guru. Implikasi pelatihan ini ialah diperlukannya monitoring dan evaluasi rutin oleh kepala sekolah terhadap perencanaan pembelajaran guru, serta penguatan komunitas belajar sekolah mengenai STEM.

Referensi

Almiasih, S., Winarto, W., & Kristyaningrum, D. H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PJBL Berbasis STEM-NOS Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD Negeri Kalierang 01. Dialektika, 12(2). https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1229

Aslam, S., Alghamdi, A. A., Abid, N., & Kumar, T. (2023). Challenges in Implementing STEM Education: Insights from Novice STEM Teachers in Developing Countries. Sustainability, 15(19). https://doi.org/10.3390/su151914455

Bardoe, D., Hayford, D., Bio, R. B., & Gyabeng, J. (2023). Challenges to the implementation of STEM education in the Bono East Region of Ghana. Heliyon, 9(10). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e20416

Ellyana, Y. (2020). Penerapan in Service Training Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(5), 957–964.

Hadi, F. R., Anggrasari, L. A., & Maruti, E. S. (2023). Pelatihan Guru SD Dalam Pembelajaran STEM Menggunakan IoT Berbasis Canva. Jurnal SOLMA, 12(2), 779–784.

Hasim, S. M., Rosli, R., Halim, L., & Capraro, M. M. (2022). STEM Professional Development Activities and Their Impact on Teacher Knowledge and Instructional Practices. Mathematics, 10(7). https://doi.org/10.3390/math10071109

Herawati, R., Tjahjono, H. K., Qamari, I. N., & Wahyuningsih, S. H. (2022). Teachers’ willingness to change in adapting to Online learning during the covid-19 pandemic. Cakrawala Pendidikan, 41(2), 425–436. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.43233

Irawati, R. K., Hikmah, F. N., Rahmawati, I., Sofianto, E. W. N., & Haitami, I. (2023). Pendampingan Penyusunan LKPD STEM for HOTS pada Lingkup Sains. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 1364–1374.

Kurniawan, Y., Arifin, S., Putra, A. R., Darmawan, D., Hariani, M., Mardikaningsih, R., & Irfan, M. (2020). Peranan Motivasi Guru dan Pelatihan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru. EBIS-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 34–42. Retrieved from https://ebis-jurnal.unsuri.ac.id/index.php/ebis/article/view/100

Kusumawati, Y., Faturrahman, F., & Pradiani, T. (2025). Pengaruh Program Pelatihan terhadap Peningkatan Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Kinerja Guru Lazuardi Global Compassionate School Depok. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 95–108. https://doi.org/10.32478/2emh6615

Lo, C. K. (2021). Design Principles for Effective Teacher Professional Development in Integrated STEM Education. Educational Technology & Society, 24(4), 136–152. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/48629251

Margaretha, L., Pasaribu, F. T., & Ramalisa, Y. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1). https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1475

Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ perception of STEM integration and education: a systematic literature review. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2

Mawaddah, S., & Mahmudi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Penggunaan Project-Based Learning Terintegrasi Stem. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 167–182. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3179

Mia Mai Syarah. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi. Bio-Edu, 6(3), 236–243. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i3.1260

Monitor, P. (2024). Minyak Makan Merah Bantu Wujudkan Asta Cita Prabowonomics. Artikel Diseminasi & Policy Brief.

Muyassaroh, I., Mukhlis, S., & Ramadhani, A. (2022). Model Project Based Learning melalui Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Educatio, 8(4), 1607–1616. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4056

Rafli, M. F., Landong, A., & Suryatama, Y. (2022). Pelatihan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Teknologi untuk Guru Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 103–108. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.123

Ramli, M., Dwiastuti, S., Sugiharto, B., Prayitno, B. A., Mumpuni, K. E., Prabowo, C. A., … Rahayu, R. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan STEM@Home bagi Guru-Guru Sains dan Biologi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.30651/aks.v7i2.10456

Riastini, P. N. (2021). Barriers to Elementary School Teachers ’ Professional Practice: Teachers ’ Voice. Ilkogretim Online, 20(1), 1086–1097. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.101

Salam, H. (2023). Stem Education: Its Effects on the Quality of Teachers and Students in the 21st Century. Proceedings of the International Conference on Education 2022 (ICE 2022), 31–39. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-020-6_4

Sandi, G. (2021). Pengaruh pendekatan STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep elektroplating, keterampilan berpikir kritis dan bekerja sama. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(4), 579–585. https://doi.org/10.5281/zenodo.4559843

Sari, G., Silitonga, B. N., Appulembang, O., & Tamba, K. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Praktik Pembelajaran Berbasis Perkembangan Siswa Bagi Guru Di Sd Persatuan Binong. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3). https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3914

Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEM (Sains Teknologi Engineering Matematika) untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek).

Sudrajat, F. I. (2024). Looking At The Future Of Indonesia In GEDSI Mainstreaming Through The Prabowo-Gibran Vision And Mission Document. Journal Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(7). https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i6.1497

Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran. Natural Science Education Reseach, 2(1), 59–67.

Weng, X., Jong, M., & Chiu, T. K. F. (2020). Implementation Challenges of STEM Education: from Teachers’ Perspective. Conference: 28TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMPUTERS IN EDUCATION.

Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis penerapan pendekatan STEM untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 403.

Yekti, S. M. P., & Perdana, R. D. P. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Sebagai Upaya Penguatan Karakter Dan Peningkatan Daya Saing Lulusan SMK. Sharma Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.69866/dp.v14i1.105

Yusuf, I., & Asrifan, A. (2020). Peningkatan Aktivitas Kolaborasi Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Stem Dengan Purwarupa Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sman 5 Yogyakarta:(Improving Collaboration of Physics Learning Activities through the STEM Approach). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 32–48. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.68

Zainil, M., Kenedi, A. K., Arwin, A., Sylvia, I., Khairat, F., & Oktavia, N. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran Digital Berbasis STEM. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 37–42. https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2651

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025