PELATIHAN METODE MEMBACA-MENULIS PERMULAAN (MMP) BAGI GURU KELAS RENDAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI AWAL DI SD NEGERI 1 KALIBUKBUK

Penulis

  • I Wayan Rasna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suandi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gde Artawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sugi Partawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi awal, metode membaca-menulis permulaan, guru kelas rendah

Abstrak

Pendidikan dasar memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan literasi awal yang menjadi fondasi keberhasilan belajar siswa pada jenjang berikutnya. Namun, rendahnya kemampuan membaca dan menulis siswa kelas rendah masih menjadi tantangan yang dihadapi sekolah dasar. Untuk itu, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru di SD Negeri 1 Kalibukbuk dalam mengaplikasikan Metode Membaca-Menulis Permulaan (MMP) sebagai upaya peningkatan literasi awal siswa. Kegiatan pendampingan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan dan pendampingan penerapan MMP dalam pembelajaran ini berhasil mencapai tujuannya dengan sangat baik sehingga memberikan dampak positif. Melalui kegiatan ini, guru tidak hanya diperkenalkan pada metode pembelajaran literasi yang inovatif dan menyenangkan, tetapi juga dibekali dengan keterampilan praktis untuk mengimplementasikannya dalam kegiatan belajar-mengajar sehari-hari.

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Nunes, T., Sparks, R., & Arellano, R. (2020). The Role of Early Literacy Skills in Reading Achievement: A Study of First-Grade Students. Journal of Educational Psychology, 112(1), 34–46.

Rahmawati, Y., & Nuraini, R. (2020). Literasi Awal Anak Sekolah Dasar: Fondasi Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 123–130.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Hasil Asesmen Nasional 2023. Jakarta: Kemendikbudristek.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2022). PISA 2022 Results: A Global Perspective on Literacy. OECD Publishing.

Nugraheni, R., & Widiastuti, D. (2020). Inovasi Pembelajaran Literasi Awal pada Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(4), 562–570.

Data Observasi dan Wawancara Guru SD Negeri 1 Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng.

Sari, E., & Susilawati, L. (2021). Metode Membaca-Menulis Permulaan dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Awal. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 159–167.

Hidayati, S., & Ramadhani, N. (2023). Implementasi Metode MMP dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 12–21.

Suparmi, & Lestari, D. (2019). Penerapan Metode MMP dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 142–150.

Arifin, Z. (2023). Peningkatan Pembelajaran Literasi Melalui Pelatihan Metode MMP bagi Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 205–213.

Nunes T, Sparks R, Arellano R. The Role of Early Literacy Skills in Reading Achievement: A Study of First-Grade Students. J. Educ. Psychol. 2020;112(1):34–46.

Rahmawati Y, Nuraini R. Literasi Awal Anak Sekolah Dasar: Fondasi Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 2020;5(2):123–30.

Subekti H, Rini D. Penguatan Literasi Dasar dalam Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan. 2021;22(1):44–53.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hasil Asesmen Nasional 2023. Jakarta: Kemendikbudristek; 2023.

Nugraheni R, Widiastuti D. Inovasi Pembelajaran Literasi Awal pada Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2020;8(4):562–70.

Pratiwi R, Sari DM. Strategi Pengembangan Literasi Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2021;6(1):37–46.

Wicaksono A. Dampak Teknologi terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia. 2022;7(2):111–20.

Putri AY, Susanto D. Dampak Pelatihan Guru terhadap Penerapan Strategi Literasi di SD. Jurnal Pengembangan Pendidikan. 2022;10(2):223–30.

Sari E, Susilawati L, Wulandari S. Metode Membaca-Menulis Permulaan dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Awal. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 2021;6(2):159–67.

Hidayati S, Ramadhani N. Implementasi Metode MMP dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2023;11(1):12–21.

Ananda R, Wulandari S. Efektivitas Metode Membaca-Menulis Permulaan dalam Peningkatan Literasi Awal. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 2021;6(2):159–67.

Wulandari S, Ananda R, Pramono D. Pelatihan MMP untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2022;7(3):145–59.

Kurniawati F, Marzuki M. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Literasi Awal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2021;5(4):76–85.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025