METODE GASING DAN PENGEMBANGAN MEDIA PETA PIKIRAN BAGI GURU-GURU SD DI KECAMATAN KUBU KARANGASEM

Penulis

  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dyan Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Edi Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Gede Budi Utama Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

: metode gasing; peta pikiran; guru SD

Abstrak

Salah satu kebutuhan guru seiring dengan kebijakan pemerintah menerapkan pendekatan pembelajaran mendalam adalah metode gasing dan peta pikiran. Tujuan pengabdian ini adalah 1) untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dasar di Tianyar Barat dalam memahami metode gasing, dan 2) untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dasar di Desa Tianyar Barat dalam mengembangkan peta pikiran. Kegiatan diikuti oleh 20 orang guru-guru SD di Desa Tianyar Barat. Kegiatan dilaksanakan dengan metode workshop dan pendampingan. Tahapan kegiatannya yaitu koordinasi, sosialisai, pelatihan, pendampingan, evaluasi hasil dan dampak, perancangan tindaklanjut, dan pelaporan dan luaran kegiatan. Data dikumpulkan dengan metode angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) guru-guru mampu memahami metode gasing dengan baik, dan (2) guru-guru mampu menyusun peta pikiran dengan baik.

Referensi

Kementerian, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. 2023.

Hasan, B.R. "Ratusan Siswa SMP di Buleleng Belum Bisa Baca, Koster Yakin Juga Terjadi di Daerah Lain di Bali", Kompas.com - 16/04/2025, 16:47 WIB. tersedia pada: https://denpasar.kompas.com/read/2025/04/16/164721578/ratusan-siswa-smp-di-buleleng-belum-bisa-baca-koster-yakin-juga-terjadi-di.

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. 2025.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 2024.

Maulidania, A., Junaedi, D., & Waluyo, T. Implementasi Landasan Sosiologis Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Analisis Isu-Isu Krusial Kurikulum Di Era Globalisasi. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 2023.

Astawan, I G., Tirtayani, L.A., Mahayanti, N.W.S., Adnyani, K.E.K., Arthana, K.R., Dike, D. Trikaya parisudha learning model and its effect on critical thingking skill. European Journal of Molecular & Clinical Medicine. 2021;7(6):579-592

Kemendikbud Riset dan teknologi. Modul Guru Penggerak Paket Modul 2 Pembelajaran Berpihak pada Murid. 2022.

Astawan, I G., Japa, I G.N., Arini, N.W., Agustiana, I G.A.T., Riastini, N.P.N., Yudiana, K.E. Pendidikan kontemporer di sekolah dasar, menyiapkan generasi emas lewat pendidikan. Singaraja: Undiksha Press. 2019.

Astawan, IG., Anggreni, N.M., Atmojo, S.E., dan Ardiansiah, A. Improving high order thinking skills (HOTS) through the trikaya parisudha learning model. International Journal of Elementary Education 5 (4), 2021:554-561.

Surya, Y. Petunjuk Guru: Dasar-dasar Pintar Berhitung GASING, Tangerang: PT Kandel. 2011.

Surya, Y. Buku Pedoman Teknis Matematika Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan). Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Aprijon. Pelatihan Matematika GASING Pada Materi Penjumlahan dan Perkalian Dua Digit Dengan Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pengembangan Masyarakat Islam. 14(01), 2020.

Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). 2022.

Dewi, N.A., Wesnawa, IG.A., dan Kertih, IW. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 2021:21-33.

Pristiandaru, D.L. Mengenal 17 Tujuan SDGs Pembangunan Berkelanjutan Beserta Penjelasannya. Kompas. 2023. https://www.kompas.com/

Astawan, I G., Suryadarma, I G.P., Sujarwo. Teori dan aplikasi model pembelajaran trikaya parisudha di sekolah dasar. Singaraja: Undiksha Press. 2018.

Astawan, I G., Suarjana, I M., Werang, B.R., Asaloei, S.I., Sianturi, M., dan Elele, E.C. STEM-based scientific learning and its impact on students’ critical and creative thinking skills: an empirical study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2023;12(3):482-492.

Agusfian, Ririn, and Inne Marthyane Pratiwi. “Pengenalan Metode Gasing Guna Mempermudah Pembelajaran Matematika SD Dan SMP Di Kelurahan Ciseureuh Rw 14.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung I(79),2021:159–166.

Armianti, Dawuh Nuril Wildan, Oktarika Trissiana, Robiansyah, and Rully I. C. Prahmana. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Gasing (Gampang, ASyIk, Dan MenyenaNGkan).” Elemen, 2(1).2016:27-38.

Kusuma, Md Wahyu Kurniadhi, I Nyoman Jampel, and Gd Wira Bayu. “Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(1).2018:37–46.

Mulyawati, Ima, and Wiratamasari Sarwinda. “IbM Workshop Metode Matematika Gasing Bagi Guru SD Muhammadiyah Se Jakarta Timur.” J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2). 2020: 79–85.

Sriwardona dan Yani, R. (Ed). Media Pembelajaran. Sumatera Barat: Afasa Pustaka. 2023.

Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers. 2014.

Yaumi, M. Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media. 2018.

Ashari, D. Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Khazanah Pendidikan, 17(1), 2023:176–185.

Sanaky, Hujair AH. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania. 2009.

Munadi, Y. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. 2008.

Humaerah, R., Bahri, A., dan Ristiana, E. Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6(1),2020.

Buzan, T. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2012.

Agustine, A.W. & Sukartaningsih W. Penerapan Media Peta Pikiran Objek Wisata Untik Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. JPGSD, 02(02). 2014.

Humaerah, R., Bahri, A., dan Ristiana, E. 2020. Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(1),2020:1-6.

Sari, S. A., dan Halimatun, S. 2016. The Development of Mind Mapping Media in Flood Material Using ADDIE Model. Journal of Education and Learning, 10(1),2016:1-10.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025