BAS PENDAMPINGAN SMP NEGERI KOTA SINGARAJA MENUJU SUKSES JANTRA OLAHRAGA TRADISIONAL 2025

Penulis

  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

olahraga tradisional, jantra, megala-gala

Abstrak

Permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari warisan budaya sangat kaya nilai-nilai pendidikan dan karakter seperti  sportivitas, kerjasama dan kedisiplinan. Namun, perkembangan teknologi membuat peserta didik SMP di Kota Singaraja lebih tertarik memainkan permainan digital, daripada bermain olahraga tradisional. Kondisi ini mendorong pengabdi melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat/ PkM berupa pendampingan SMP Negeri di Kota Singaraja untuk memperkenalkan, melatih, mengimplementasikan dan memberikan pengalaman berkompetisi permainan olahraga tradisional. PkM ini melibatkan 3 SMP Negeri Kota Singaraja yaitu: 1) SMP Negeri 1 Singaraja, 2) SMP Negeri 6 Singaraja, dan 3) SMP Negeri 7 Singaraja  dengan jumlah peserta didik yang terlibat aktif sebanyak 64 orang peserta didik.  Kegiatan PkM dilakukan melalui tahapan sosialisasi, pendampingan/pelatihan, dan latihan bersama olahraga tradisional Deduplak, Megala-gala/slodor, Metajog dan  Terompah Panjang/Bakiak. Pendampingan dilaksanakan pada Sabtu, 13 Juni 2025 – Kamis, 26 Juni 2025 di masing-masing SMP yang dilanjutkan dengan latihan bersama pada Minggu, 29 Juni 2025 di Lapangan Sepakbola Undiksha. Pada Jantra Olahraga Tradisional Provinsi Bali, SMP Negeri 6 Singaraja sebagai duta Kabupaten Buleleng berhasil meraih medali perunggu pada olahraga tradisional Metajog. PkM ini berlangsung dengan sukses, terdapat peningkatan pemahaman peserta didik dilihat dari tes awal dan tes akhir peserta didik, pendampingan lancar dan bermakna bagi peserta didik, serta mendapatkan prestasi pada Jantra Provinsi Bali 2025.

Referensi

Citra Amalia Hasibuan, Salamiyah Nur Hakim Harahap, Vivi Chairani Afrizha Tri Hayatun, Ella Ramadhani Ritonga, & Nurul Anisa Keysa Zalia Amanda. (2024). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 23–29. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol6.no1.a8721

Damayanti, S. N., Tiaraningrum, F. H., Nurefendi, J., & Lestari, E. Y. (2023). Pengenalan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Indonesia. Jurnal Bina Desa, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i1.41045

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2024). 1 , 2 , 3 . 1. 10(9), 795–809.

Kalsum, U., Suhra, S., & Nurlina. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Hadang Dalam Meningkatkan Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V Sd. Journal of Primary Education, 2(2), 1–15.

Kurniawan, A. wibowo. (2019). Penulis: Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd.

Melia Novita, I. dan A. T. N. (2021). Pengembangan Alat Permainan Tradisional Bakiak Untuk Menstimulasi Motorik Kasar Anak di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 7.

Sari, D. A. M., & Kurniawan, D. (2024). Pentingnya Pengenalan Permainan Tradisional dalam Menanamkan Nilai Karakter dan Budaya. Jimad: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 31–43.

Utami, L. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok b melalui permainan dengan simpai di taman kanak-kanak. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(3), 134. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v6i3.4702

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025