PENGUATAN KOMPETENSI DASAR GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENGENALAN COMPUTATIONAL THINKING DAN AKTIVITAS UNPLUGGED CODING DI DESA NGIS-KARANGASEM
Kata Kunci:
Computational Thinking, Unplugged Coding, Guru Sekolah Dasar, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan memperkuat kompetensi dasar guru sekolah dasar melalui pengenalan Computational Thinking (CT) dan aktivitas Unplugged Coding. Kegiatan dilaksanakan pada 25–26 Agustus 2025 di SD Negeri 2 Ngis, melibatkan 20 guru dari SDN 1, 2, dan 3 Ngis. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi konsep CT, pelatihan berbasis praktik, diskusi kelompok, serta pendampingan dalam merancang contoh pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep CT, keterampilan merancang aktivitas unplugged yang kontekstual, serta kesiapan mengintegrasikan CT dalam mata pelajaran. Respon peserta melalui angket menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi pada aspek relevansi materi, kemudahan penerapan, dan dampak terhadap keterampilan mengajar. Program ini memberi manfaat nyata bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran kreatif yang melatih logika dan pemecahan masalah sejak dini
Referensi
Fuada, S., Ichsan, I. N., Putra Pratama, H., Indriati, D., Putri, H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). Workshop Internet-Of-Things Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Hardiana, H., Meni, A. (2023). Pembelajaran Berbasis STSE dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA di MTs Pondok Pesantren Nurul Haq Benteng Lewo. Edukimbiosis: Jurnal Pendidikan IPA. 2(1):11–24. Available from: https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edukimbiosis/article/view/6581
Juldial, T.U.H., Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu. 8(1):136–44. Available from: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6992
Liska, L. D., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda Kota Denpasar. Arthaniti Studies, 6(1), 29–34. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4321
Muthmainnah, I. (2025). A Studi Literatur Review : Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Menggunakan Software CaTS Pada Siswa di SMA . Mathematical and Data Analytics, 2(01), 135–140. Retrieved from https://jurnal.itscience.org/index.php/mda/article/view/6184
Stephanie, R., Setiawan, D, Purwarianti, A., Jihad, A., Rachmahana, R.A. (2025). Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. Available from: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1741766787_manage_file.pdf
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In: Seminar Nasional Pendidikan [Internet]. Kalimantan Barat: Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. [Cited 2025 Apr 25]. P. 1–17. Available From: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/318013627_Keterampilan_Abad_Ke-21_Keterampilan_Yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Gede Bendesa Subawa, Ketut Agustini, I Made Ardwi Pradnyana, Nyoman Sugihartini, I Made Widi hartawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
