PELATIHAN "CONTENT CREATOR" UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL SISWA DKV SMK N 3 SINGARAJA
Kata Kunci:
kreator konten, media sosial, DKV, branding personalAbstrak
Siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK, seperti di SMK Negeri 3 Singaraja, memiliki potensi besar menjadi kreator konten. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan masih kurangnya pembekalan keterampilan praktis dan pemahaman strategis dalam menciptakan konten yang berdampak. Kurikulum yang ada masih berfokus pada teknik grafis tradisional dan belum menyentuh aspek penting dalam dunia media sosial. Untuk menjawab tantangan ini, program pelatihan "Content Creator for Real Impact" dirancang guna membekali siswa dengan keterampilan teknis (fotografi, videografi, editing), strategi digital (branding diri, storytelling, manajemen audiens). Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan di SMK N 3 Singaraja, siswa-siswi mendapatkan pengetahuan baru untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu evaluasi kegiatan yang dilakukan mendapatkan hasil siswa siswi SMK N 3 cukup puas dengan topik, narasumber, dan materi yang diberikan dalam kegiatn pengabdian.
Referensi
Choirunnisa, & Setiawan, H. (2023). Pelatihan Konten Kreator dalam Mendukung Masyarakat Informasi di Era Industri 5.0 di SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Hippocampus: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 93–98.
Fitri, H. M., Khaerunnisa, P., Setiawan, E., & Wardoyo, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Pra-Vokasional Siswa SMK melalui Project-Based Learning (PjBL): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 307–318. doi:10.53299/jppi.v5i1.996
Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Manuella, S., & Perdani, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. ANUVA, 7(2), 263–274.
Musa’ad, F., Ahmad, R. E., Sundari, S., & Hidayani, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1481–1487. doi:10.31004/cendekia.v8i2.3361
Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Journal of Human And Education, 3(2), 337.
Novendra, R., Turnandes, Y., Juliani, F., Afrilli, R., & Suprianto, J. (2025). PELATIHAN KETERAMPILAN DIGITAL CONTENT CREATOR BAGI GURU PONPES ULIL ALBAB ALJA’AFARIYAH. Journal of Computer Science Community Service, 5(1), 46–54.
Panggabean, A. D. (2024, May 29). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024.
Pratiwi, A. B., Millah, N., & Alfiniyah, C. (2024). Konten Kreator sebagai Upaya Peningkatan Lulusan Siap Kerja bagi Siswa SMK Jurusan Multimedia. Jurnal Abdiraja, 7(1), 24–33. Retrieved from www.cnbcindonesia.com,
Ramdhani, A., Hardian, R., & Priyono, D. (2020). ANALISIS REKOMENDASI PROGRAM PENDIDIKAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) BERBASIS POTENSI INDUSTRI KREATIF DI KOTA TEGAL. Wacadesain, 1(1), 34–47. doi:https://doi.org/10.51977/wacadesain.v1i1.193
SAS, A., Marthin, P., & Invanka, I. (2023). Pelatihan Literasi Digital Untuk Peningkatan Etika Bermedia Digital Bagi Pelajar SMP ANGKASA LANUD Hasanuddin. EPIC Jurnal Pendidikan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36–44. Retrieved from https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/epic/article/view/263
Syahfira, I., Siregar, Y. D., & Purwaningtyas, F. (2023). HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM “UISU” PEMATANG SIANTAR. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 15(1), 92–102. doi:10.37108/shaut.v15i1.802
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Putu Novita Puspa Dewi, I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya, I Ketut Purnamawan, Putu Hendra Suputra, I Made Putrama, Ketut Agus Seputra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
