PENGUATAN MANAJEMEN USAHA BERBASIS DIGITAL PADA INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA KINTAMANI DI DESA BELANTIH

Penulis

  • I Wayan Pardi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pageh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Alif Alfi Syahrin Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Juli Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Santi Sucita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Meliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Pian Siani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Dita Apriladiwangi Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kopi arabika kintamani, manajemen usaha, digitalisasi, artificial intelligence (AI)

Abstrak

Desa Belantih merupakan salah satu sentra penghasil kopi Arabika Kintamani yang memiliki keunggulan cita rasa unik. Dua unit usaha pengolahan kopi yang ada di Desa Belantih, yaitu Belantih Coffee Farm dan Kelompok Tani Dharma Kriya. Keduanya berperan penting dalam pengolahan dan pemasaran kopi. Namun, keduanya masih menghadapi kendala dalam manajemen usaha dan adaptasi teknologi digital. Kegiatan pengabdian ini mencakup pelatihan manajemen keuangan, pengelolaan modal dan SDM, penyusunan proyeksi usaha, serta penerapan digitalisasi dan AI untuk pemasaran. Program pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam pencatatan keuangan, perencanaan usaha, dan strategi pemasaran digital. Evaluasi melalui kuesioner mengonfirmasi lebih dari 80% peserta menilai kegiatan sangat bermanfaat. Program ini memperkuat daya saing kopi Arabika Kintamani sekaligus mendorong kemandirian ekonomi masyarakat Belantih.

Referensi

Barimbing, G. R., & Sarjana, I. M. (2025). Strategi Pemasaran Agrowisata Belantih Coffee Farm di Desa Belantih Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 14(1), 57–66.

Gapar, I. G. A., & Juniarta, P. P. (2023). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kopi Catur Kintamani Bali dengan Teknik Penyeduhan Manual Brew V60. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(12), 2601–2607. https://doi.org/10.22334/paris.v2i12.649

Lasmawan, I. W., Suci, I. M., Pardi, I. W., Muliarta, I. N., & Era, N. P. (2024). Transfer Teknologi Tepat Guna Pada Industri Pengolahan Kopi Arabika. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 518–526.

Nisa, N. A. A., & Suwaidi, A. (2023). Analisis Potensi Dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap Efisiensi Manajemen Operasional: Tinjauan Literatur. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 93–97.

Prayatni, I. D. A. M., & Lestari, N. P. N. E. (2023). Strategi Keunggulan Bersaing Kopi Kintamani Pada Agrowisata JM Kopi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(3), 404–412. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.54400

Purnomo Sidi, A., Nizar Yogatama, A., Anjaningrum, W. D., Dura, J., & Cahyaningtyas, F. (2024). Pemanfaatan AI Dalam Branding dan Pemasaran UMKM. JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 155–163. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jpabdi

Ramadhana, R. Z., & Nasution, M. I. P. (2024). Analisis Dampak Penerapan Teknologi AI pada Pengambilan Keputusan Strategis dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 2(1), 161–168. https://doi.org/10.59024/jis.v2i1.579

Suwedi, I. K., Udayana, I. G. B., Sanjaya, I., & ... (2023). Effectiveness of Implementation of Good Agricultural Practices and Productivity Improvement Strategy for Arabica Specialty Kintamani Coffee. … Journal, 3(1), 14–26. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/agriwar/article/view/7202%0Ahttps://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/agriwar/article/download/7202/4534

Tuar, E. E., Tamba, I. M., & Lestari, P. F. K. (2019). Analisis Pemasaran Kopi Arabika Di Desa Belantih Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Agrimeta, 9(18), 10–14.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025