MENYERUAK KEARIFAN LOKAL PEDAWA DALAM PELATIHAN BUKU SAKU UNTUK PARA KADER DI SEKOLAH ADAT MANIK EMPUL PEDAWA

Penulis

  • Luh Putu Sendratari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lola Utama Sitompul Universitas Pendidikan Ganesha
  • Fitri Noviani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Santana Sembriring Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

ungkapan budaya, kearifan lingkungan, , mitos

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pedawa dilatarbelakangi oleh semakin memudarnya pemahaman
generasi muda terhadap kearifan lokal desa. Kehadiran Sekolah Adat Manik Empul menjadi wadah penting untuk
merawat literasi kearifan lokal. Melalui kegiatan ini, tujuan yang dicapai adalah meningkatkan pemahaman
instruktur tentang urgensi kearifan lokal sebagai sumber ajar sekaligus meningkatkan kemampuan mereka dalam
mengidentifikasi kearifan lokal untuk penyusunan buku saku. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tiga tahap,
yaitu persiapan, pelatihan, serta pendampingan dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa instruktur telah memiliki
pengetahuan yang memadai mengenai pentingnya kearifan lokal serta mampu mengidentifikasi bentuk-bentuknya,
seperti kearifan lingkungan dalam aktivitas ritual, ungkapan budaya berbahasa Pedawa, dan mitos. Dengan
demikian, kegiatan ini memberikan manfaat nyata bagi instruktur Sekolah Adat, tetua adat, maupun guru mitra
untuk mengeksplorasi potensi kearifan lokal sebagai sumber belajar berkelanjutan.

Referensi

Arianti, Y., Ruyani, A., Jumiarni, D., Rahman,

A., Ansori, I., & Abas, A. (2022).

Pembuatan Buku Saku Berdasarkan

Keragaman Kura-Kura Sumatera di

Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi,

(2), 107–116.

https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.107-

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for

a New Human-Centered Society. Japan

Spotlight, 27(5), 47–50.

Hafifah, H. N. (2021). Buku Saku Pengolahan

Sampah. Buku Saku Pengolahan Sampah.

https://desabanjarejo.gunungkidulkab.go.i

d/assets/files/dokumen/Buku Saku

Pengelolaan Sampah.pdf

Hidayat, S., Ibrahim, E., Alzuhdy, Z., Fitriani,

A., Laelawati, E., Rodiata, T., &

Syahbudin, A. (2020). Buku Saku Wiyata

Wayang. Buku Saku Wiyata Wayang.

https://www.researchgate.net/publication/

_Buku_Saku_Wiyata_Wayan

g

Husain, M., & Puspasari, D. (2015).

Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku

pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi

definisi dan ruang lingkup sarana dan

prasarana kantor pada siswa kelas XI APK

SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan

Administrasi Perkantoran (JPAP, 3(3), 1–

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpa

p/article/view/12524

Lolita, L., Ikhsanudin, A., Ligawa, Y. N.,

Makwa, N., Larasati, F. A.,

Sukmaningtyas, R., & Ramdhani, M.

(2023). Pengembangan Buku Saku

Kesehatan sebagai Media Edukasi pada

Pasien COVID-19 yang Menjalani Isolasi

Mandiri. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2),

–171.

https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.16

-171

Sendratari, L. P., Margi, I. K., Sitompul, L., &

Sembiring, S. (2022). Revitalisasi

Pengetahuan Tanaman Usadha Pada

Kader Deha Dan Teruna Di Desa Pedawa.

Proceeding Senadimas Undiksha.

https://conference.undiksha.ac.id/senadim

as/2022/prosiding/file/271.pdf

Sulistyani, N. H. D. (2012). Perbedaan Hasil

Belajar Siswa Antara Menggunakan

Media Pocket Book dan Tanpa Pocket

Book Pada Materi Kinematika Gerak

Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan

Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(1).

https://media.neliti.com/media/publicatio

ns/120258-ID-none.pdf

Suswandari. (2017). Kearifan Lokal Etnik

Betawi : Mapping Sosio–Kultural

Masyarakat Asli Jakarta. Pustaka Pelajar.

Suswandari, A. S., & Susanti, E. N. (2020).

Local Wisdom Of Tana Ai Ethnic As An

Effort To Preserve Harmonious And

Sustainable Environment In Ojang

Village, Talibura Distric, Sikka Regency,

East Nusa Tenggara. Jour of Adv Research

in Dynamical &Control Systems, 12(06),

–2376.

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1

/

Suswandari, S. (2019). Ekstrapolasi Paradigma

Pendidikan dan Kearifan Kebudayaan

Lokal Dalam Menyambut Society 5.0. In

Prosiding SEMDIKJAR (Seminar

Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran

(Vol. 3, pp. 35–45).

Tharakan, J. (2017). Indigenous Knowledge

Systems for Appropriate Technology

Development. Indigenous People, 123(7),

–134.

http://dx.doi.org/10.5772/intechopen.698

Wagiran, W. (2011). Pengembangan Model

Pendidikan Kearifan Lokal dalam

Mendukung Visi Pembangunan Provinsi

Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan, 3(3).

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025