MENYERUAK KEARIFAN LOKAL PEDAWA DALAM PELATIHAN BUKU SAKU UNTUK PARA KADER DI SEKOLAH ADAT MANIK EMPUL PEDAWA
Kata Kunci:
ungkapan budaya, kearifan lingkungan, , mitosAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pedawa dilatarbelakangi oleh semakin memudarnya pemahaman
generasi muda terhadap kearifan lokal desa. Kehadiran Sekolah Adat Manik Empul menjadi wadah penting untuk
merawat literasi kearifan lokal. Melalui kegiatan ini, tujuan yang dicapai adalah meningkatkan pemahaman
instruktur tentang urgensi kearifan lokal sebagai sumber ajar sekaligus meningkatkan kemampuan mereka dalam
mengidentifikasi kearifan lokal untuk penyusunan buku saku. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tiga tahap,
yaitu persiapan, pelatihan, serta pendampingan dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa instruktur telah memiliki
pengetahuan yang memadai mengenai pentingnya kearifan lokal serta mampu mengidentifikasi bentuk-bentuknya,
seperti kearifan lingkungan dalam aktivitas ritual, ungkapan budaya berbahasa Pedawa, dan mitos. Dengan
demikian, kegiatan ini memberikan manfaat nyata bagi instruktur Sekolah Adat, tetua adat, maupun guru mitra
untuk mengeksplorasi potensi kearifan lokal sebagai sumber belajar berkelanjutan.
Referensi
Arianti, Y., Ruyani, A., Jumiarni, D., Rahman,
A., Ansori, I., & Abas, A. (2022).
Pembuatan Buku Saku Berdasarkan
Keragaman Kura-Kura Sumatera di
Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi,
(2), 107–116.
https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.107-
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for
a New Human-Centered Society. Japan
Spotlight, 27(5), 47–50.
Hafifah, H. N. (2021). Buku Saku Pengolahan
Sampah. Buku Saku Pengolahan Sampah.
https://desabanjarejo.gunungkidulkab.go.i
d/assets/files/dokumen/Buku Saku
Pengelolaan Sampah.pdf
Hidayat, S., Ibrahim, E., Alzuhdy, Z., Fitriani,
A., Laelawati, E., Rodiata, T., &
Syahbudin, A. (2020). Buku Saku Wiyata
Wayang. Buku Saku Wiyata Wayang.
https://www.researchgate.net/publication/
_Buku_Saku_Wiyata_Wayan
g
Husain, M., & Puspasari, D. (2015).
Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku
pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi
definisi dan ruang lingkup sarana dan
prasarana kantor pada siswa kelas XI APK
SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan
Administrasi Perkantoran (JPAP, 3(3), 1–
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpa
p/article/view/12524
Lolita, L., Ikhsanudin, A., Ligawa, Y. N.,
Makwa, N., Larasati, F. A.,
Sukmaningtyas, R., & Ramdhani, M.
(2023). Pengembangan Buku Saku
Kesehatan sebagai Media Edukasi pada
Pasien COVID-19 yang Menjalani Isolasi
Mandiri. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2),
–171.
https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.16
-171
Sendratari, L. P., Margi, I. K., Sitompul, L., &
Sembiring, S. (2022). Revitalisasi
Pengetahuan Tanaman Usadha Pada
Kader Deha Dan Teruna Di Desa Pedawa.
Proceeding Senadimas Undiksha.
https://conference.undiksha.ac.id/senadim
as/2022/prosiding/file/271.pdf
Sulistyani, N. H. D. (2012). Perbedaan Hasil
Belajar Siswa Antara Menggunakan
Media Pocket Book dan Tanpa Pocket
Book Pada Materi Kinematika Gerak
Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan
Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(1).
https://media.neliti.com/media/publicatio
ns/120258-ID-none.pdf
Suswandari. (2017). Kearifan Lokal Etnik
Betawi : Mapping Sosio–Kultural
Masyarakat Asli Jakarta. Pustaka Pelajar.
Suswandari, A. S., & Susanti, E. N. (2020).
Local Wisdom Of Tana Ai Ethnic As An
Effort To Preserve Harmonious And
Sustainable Environment In Ojang
Village, Talibura Distric, Sikka Regency,
East Nusa Tenggara. Jour of Adv Research
in Dynamical &Control Systems, 12(06),
–2376.
http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1
/
Suswandari, S. (2019). Ekstrapolasi Paradigma
Pendidikan dan Kearifan Kebudayaan
Lokal Dalam Menyambut Society 5.0. In
Prosiding SEMDIKJAR (Seminar
Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran
(Vol. 3, pp. 35–45).
Tharakan, J. (2017). Indigenous Knowledge
Systems for Appropriate Technology
Development. Indigenous People, 123(7),
–134.
http://dx.doi.org/10.5772/intechopen.698
Wagiran, W. (2011). Pengembangan Model
Pendidikan Kearifan Lokal dalam
Mendukung Visi Pembangunan Provinsi
Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan, 3(3).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Luh Putu Sendratari, Lola Utama Sitompul, Fitri Noviani, Santana Sembriring

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
