PELATIHAN MINDFUL LEARNING UNTUK SEKOLAH DASAR DI DESA KALIBUKBUK BULELENG

Penulis

  • Kadek Sonia Piscayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I G A Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Ayu Prabawati Sudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Rediasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • A. A Gede Yudha Paramartha Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

deep learning, mindful learning, literacy

Abstrak

Bali sebagai destinasi wisata internasional memiliki potensi strategis sebagai pusat pengembangan
pembelajaran Bahasa Asing. Namun demikian, data menunjukan Tingkat literasi di Bali masih di bawah rata-rata
nasional, khususnya di Kabupaten Buleleng yang menjadi sorotan akibat masih terdapat siswa SMP yang belum
mampu untuk membaca. Kondisi ini menegaskan adanya persoalan mendasar dalam proses Pendidikan dasar.
Pemerintah telah memperkenalkan konsep deep learning yang menekankan pembelajaran berkesadaran,
bermakna, dan menyenangkan. Dalam kerangka tersebut, mindful learning dipandang sebagai pendekatan relevan
untuk meningkatkan literasi. Desa Kalibukbuk sebagai Kawasan wisata Lovina menunjukan urgensi penerapan
mindful learning berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah yang menunjukkan perlunya pelatihan
mindful learning guna meningkatkan literasi siswa. Program ini bertujuan memberdayakan guru dalam
mengimplementasikan mindful learning serta meningkatkan literasi siswa melalui pelatihan, pendampingan,
evaluasin dan refleksi.

Referensi

Clandinin, D. J., & Connelly, F. M. (2000). Narrative inquiry: Experience and story in qualitative research. Jossey Bass. Creswell, J. W. (2009). Research design: Quantitative, qualitative, and mixed method approaches.

http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/562

Piscayanti, K. S. (2021). Cultivating mindful learning in EFL poetry class: A way to make creative and productive writers. International Journal of Research in Education, 1(1), 60–74. https://doi.org/10.26877/ijre.v1i1.7947

Piscayanti, K. S. (2022a). Mindful, authentic, strong voice: Constructing mindfulness-based classroom materials for EFL poetry learners. The Proceedings of the English Language Teaching, Literature, and Translation (ELTLT), 11(1), 130–138.

Piscayanti, K. S., & Yuliasri, I. (2021). Inventing voice of identity through L2 poetry writing: A construct of mindfulness-based strategy in remote learning. Language Circle: Journal of Language and Literature, 16(1), 71–80. https://doi.org/10.15294/lc.v16i1.32613

Piscayanti, K. S., Mujiyanto, J., Yuliasri, I., & Astuti, P. (2022b). Kekuatan mindfulness dalam pembelajaran bahasa asing. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 562–567.

Piscayanti, K. S., Mujiyanto, J., Yuliasri, I., & Astuti, P. (2024b). Representation of voice: A narrative inquiry of Indonesian EFL learners in poetry writing experience. World Journal of English Language, 14(2), 1–9. https://doi.org/10.5430/WJEL.V14N2P1

Piscayanti, K. S., Ratminingsih, N. M., & Utami, I. G. A. L. P. (2020). Pengaruh penerapan mindful learning terhadap kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam pembelajaran poetry di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. Laporan Penelitian belum dipublikasikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Piscayanti, K.S. (2024a). Implementing a mindfulness approach to stimulate EFL learners in improving their skills and creativity in poetry writing (a study at Universitas Pendidikan Ganesha). Disertasi belum dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.

Sage. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2025). Pembelajaran mendalam. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Sherretz, C. E. (2011). Mindfulness in education: Case studies of mindful teachers and their teaching practices. Journal of Thought, 46(3–4), 79–96. https://doi.org/10.2307/jthought.46.34.79

Zinn, J. K. (2005). Coming to our senses. Hyperion.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025