PEMBERDAYAAN KKGO BULELENG MELALUI REORIENTASI MODUL AJAR BERBASIS DEEP LEARNING MENUJU SDM TERDIDIK JASMANINYA

Penulis

  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

KKGO Buleleng, PJOK, Deep learning, Modul Ajar

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan sebagai respon atas kebutuhan KKGO Kecamatan Buleleng dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK, khususnya pengembangan konten, multimedia interaktif, dan model pembelajaran inovatif sesuai karakteristik peserta didik. Tujuan kegiatan ini mendukung SDGs (pendidikan berkualitas), Program Asta Cita ke-4 (penguatan SDM, sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, olahraga, kesetaraan gender, dan peran pemuda/disabilitas), serta berkontribusi pada IKU 2 dan IKU 5, dengan fokus RIRN pada sosial humaniora dan digitalisasi. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Luaran yang dicapai antara lain publikasi ilmiah (proses), HaKi berupa video pelaksanaan PkM berjudul Reorientasi Modul Ajar berbasis Deep Learning PJOK SD (proses), artikel prosiding SENADIMAS 2025 (proses), artikel media massa (terbit), serta poster dan video PkM (proses). Hasilnya, 4 modul ajar yang telah diuji coba pada 4 SD sekolah mitra dan mendapatkan respon positif.

Referensi

Anon. 2025. “ISSN 0215-5389 Volume 51, 2025.” 51.

Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. 2022. “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan.” 2(3):1030–37.

Dhamotharan, Mohan. 2009. Handbook on Integrated Community Development – Seven D Approach to Community.

Diputera, Artha Mahindra, Gita Noveri Eza, Pendidikan Guru, Pendidikan Anak, Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Akademi Kebidanan, and Madina Husada. 2024. “Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful Dan Joyful : Kajian Melalui Filsafat Pendidikan.” 10(2):108–20.

Farida, Arifatul, and Supriyono. 2024. “Pelaksanaan Pembeljaran Pendidikan Jasmani Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar Kelas Ii Dan V Di Kecamatan Belik Kabupaten Belik Tahun 2023.” Indonesian Journal for Physical Education and Sport 5(1):209–18.

Karyasa, I. Wayan, Made Agus Wijaya, and I. Gede Putu Banu Astawa. 2023. “Pengembangan Paket Wisata Edukasi Tenun Endek Dari Hulu Hingga Hilir Di Desa Sinabun.” Jurnal Widya Laksana 12(1):1–8. doi: 10.23887/jwl.v12i1.39319.

Muhajir, and Zelda Raushanikri. 2022. OLAHRAGA , DAN KESEHATAN Buku Panduan Guru.

Rakhman, Arief, and Yat Rospia Brata. 2018. “Pengaruh Kompetensi Pedagogikdan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 2(2):259–64.

Winarni, Sri, M. Pd, Mia Kusumawati, M. Pd, Perencanaan Pembelajaran, Sri Winarni, M. Pd, Mia Kusumawati, and M. Pd. n.d. Nirvana Bulak Kapal Blok A5 Jalan Mawar Putih.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025