UPSKILLING TENAGA INDUSTRI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA AKSELERASI PENGUATAN PELAYANAN PRIMA KEPADA WISATAWAN RETREAT DI BALI UTARA

Penulis

  • I Putu Gede Parma Anggota

Kata Kunci:

industri pariwisata, ekonomi kreatif, pelayanan prima.

Abstrak

Kegiatan upskilling tenaga industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka akselerasi penguatan pelayanan prima kepada wisatawan retreat di bali utara bertujuan untuk  meningkatnya pengetahuan, pemahaman serta kemampuan tenaga industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka akselerasi penguatan pelayanan prima kepada wisatawan. Tujuan akhirnya adalah terbentuknya tenaga industry pariwisata dan ekonomi yang berkontribusi postif terhadap akselerasi penguatan pelayanan prima kepada wisatawan retreat di bali utara. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan yang akan diberikan kepada pihak tenaga industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan penyampaian materi pelayanan prima yang memberikan pemahaman penting bagaimana memberikan pelayanan paripurna kepada pengunjung sehingga mereka merasa puas. Pelatihan ini baru sebatas penyampaian materi secara umum yang perlu ditindak lanjuti dengan pelatihan berikutnya yang lebih praktis seuai kebutuhan.

Referensi

Amran, Ali, Yani Restiani Widjaja, and Siti Nuryanti. 2019. “Service Excellence Dan Servicescape: Faktor Dominan Dalam Menciptakan Kepuasan Tamu Hotel”. Jurnal Kajian Pariwisata 1 (1), 44-52. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/135.

Artana, I. W. A., & Rusmiati, N. N. (2019). peningkatan peran kepemanduan wisata (ranger)di objek wisata sangeh. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata, 9(2), 255–269.

Chatarina Muryani, Sigit Santosa dan Singgih Prihadi. 2020. Ekowisata Berbasis Masyarakat . CV. Pramudita Press. Sukoharjo. Daryanto dan Isnanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Ferdinal Asmin. 2018. Ekowisata dan Pembangunan Berkelanjutan: Dimulai dari Konsep Sederhana. https://www.researchgate.net/publication/323309174

Frimayasa, A., & Administrasi, M. 2017. Konsep Dasar Dan Strategi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Perusahaan. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1882

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Kodhyat. (2013). Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama Malang.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2011). Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall Mondy.

Maulana, Egi (2016) Pengaruh Service Excellence Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu Yang Menginap Di Marbella Suites Bandung: Survey pada wisatawan individu yang memutuskan menginap di Marbella Suites Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. URIhttp://repository.upi.edu/id/eprint/23710

Prayudi, M. Edy Susilo dan Heti Herastuti. 2017. Membangun Desa Wisata. LPPM UPN Veteran Yogyakarta

R. Wayne, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga: Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2017. Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Tama Tb.

Ratna Suminar dan Mia Apriliawati. 2017. Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa SIP TC Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Vol. 4 No. 2 – Juni 2017

Rosdiana Rosdiana, Indri Syahfitri (2019) Peranan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pelayanan Publik. Journal of Millennial Community, Vol 1, No 1 (2019)

Sjafri Mangkuprawira. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yoeti, Oka, A. (2008). Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradaya Pratama.

Zulkarnain Wildan dan Sumarsono. 2018. Manajemen dan Etika Perkantoran Praktik Pelayanan Prima. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##