UPSKILLING TENAGA INDUSTRI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA AKSELERASI PENGUATAN PELAYANAN PRIMA KEPADA WISATAWAN RETREAT DI BALI UTARA
Kata Kunci:
industri pariwisata, ekonomi kreatif, pelayanan prima.Abstrak
Kegiatan upskilling tenaga industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka akselerasi penguatan pelayanan prima kepada wisatawan retreat di bali utara bertujuan untuk meningkatnya pengetahuan, pemahaman serta kemampuan tenaga industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka akselerasi penguatan pelayanan prima kepada wisatawan. Tujuan akhirnya adalah terbentuknya tenaga industry pariwisata dan ekonomi yang berkontribusi postif terhadap akselerasi penguatan pelayanan prima kepada wisatawan retreat di bali utara. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan yang akan diberikan kepada pihak tenaga industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan penyampaian materi pelayanan prima yang memberikan pemahaman penting bagaimana memberikan pelayanan paripurna kepada pengunjung sehingga mereka merasa puas. Pelatihan ini baru sebatas penyampaian materi secara umum yang perlu ditindak lanjuti dengan pelatihan berikutnya yang lebih praktis seuai kebutuhan.
Referensi
Amran, Ali, Yani Restiani Widjaja, and Siti Nuryanti. 2019. “Service Excellence Dan Servicescape: Faktor Dominan Dalam Menciptakan Kepuasan Tamu Hotel”. Jurnal Kajian Pariwisata 1 (1), 44-52. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/135.
Artana, I. W. A., & Rusmiati, N. N. (2019). peningkatan peran kepemanduan wisata (ranger)di objek wisata sangeh. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata, 9(2), 255–269.
Chatarina Muryani, Sigit Santosa dan Singgih Prihadi. 2020. Ekowisata Berbasis Masyarakat . CV. Pramudita Press. Sukoharjo. Daryanto dan Isnanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.
Ferdinal Asmin. 2018. Ekowisata dan Pembangunan Berkelanjutan: Dimulai dari Konsep Sederhana. https://www.researchgate.net/publication/323309174
Frimayasa, A., & Administrasi, M. 2017. Konsep Dasar Dan Strategi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Perusahaan. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1882
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Kodhyat. (2013). Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama Malang.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2011). Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall Mondy.
Maulana, Egi (2016) Pengaruh Service Excellence Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu Yang Menginap Di Marbella Suites Bandung: Survey pada wisatawan individu yang memutuskan menginap di Marbella Suites Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. URIhttp://repository.upi.edu/id/eprint/23710
Prayudi, M. Edy Susilo dan Heti Herastuti. 2017. Membangun Desa Wisata. LPPM UPN Veteran Yogyakarta
R. Wayne, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga: Jakarta
Rangkuti, Freddy. 2017. Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Tama Tb.
Ratna Suminar dan Mia Apriliawati. 2017. Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa SIP TC Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Vol. 4 No. 2 – Juni 2017
Rosdiana Rosdiana, Indri Syahfitri (2019) Peranan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pelayanan Publik. Journal of Millennial Community, Vol 1, No 1 (2019)
Sjafri Mangkuprawira. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Yoeti, Oka, A. (2008). Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradaya Pratama.
Zulkarnain Wildan dan Sumarsono. 2018. Manajemen dan Etika Perkantoran Praktik Pelayanan Prima. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.