PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI KEUANGAN KEPADA PEKERJA MIGRAN INDONESIA PADA SEKTOR PERTANIAN DI PREFEKTUR IBARAKI, JEPANG

Penulis

  • I Gusti Ayu Purnamawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lucy Sri Musmini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sunitha Devi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Jepang, Literasi keuangan

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada perkeja migran Indonesia di Jepang yang memberikan manfaat sebagai implementasi tri dharma perguruan tinggi civitas akademika Universitas Pendidikan Ganesha dalam bentuk pengabdian masyarakat kepada masyarakat internasional khususnya warga negara Indonesia yang bermukim di Jepang. Kegiatan ini melibatkan Faculty of Economics and Bussiness Wako University, Jepang dengan peserta adalah perkeja migran Indonesia di Jepang yang berkerja pada sektor pertanian di Prefektur Ibaraki Jepang. Kegiatan pelatihan dan pendampingan akan dipandu oleh instruktur dari Universitas Pendidikan Ganesha dan Wako University sebagai pemateri dan pendamping selama kegiatan dilaksanakan. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini secara garis besar dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahapan pra-kegiatan, tahapan inti kegiatan dan tahapan pasca-kegiatan. Hasil kegiatan menunjukan antusiasme pekerja Migran di Jepang dalam sharing literasi keuangan.

Referensi

Akmal, H., & Saputra, Y. E. K. A. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(2), 235–244.

Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92–1001. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/422

Candera, M., Afrilliana, N., & Ahdan, R. (2020). Peran Literasi Keuangan Syariah dalam memoderasi Pengaruh Demografi terhadap Minat Menabung Pada Perbankan Syariah. Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 1. https://doi.org/10.29406/jmm.v16i1.2069

Gumanti, T. A. (2016). Teori Sinyal Dalam Manajemen Keuangan. Manajemen Dan Usahawan Indonesia, September, 1–29.

Krisdayanti, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Uang Saku, Teman Sebaya, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Minat Menabung Mahasiswa. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 79–91. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/421

Lestari, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Pengelolaan Keuangan di Keluarga, Status Sosial Ekonomi, Locus of Control Terhadap Literasi Keuangan (Pelajar SMS Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 69–78. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/420

Mardiana, A., & Pakaya, W. E. (2017). Peran Lembaga Keuangan Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi …. https://ejournal.iainkendari.ac.id/lifalah/article/view/656

Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah di Kelas XI IPS Man 2 Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 53–66. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p53-66

Rusnawati. (2023). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Widina Media Utama.

Worang, J. J. K. J., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku. Jurnal EMBA, 10(4), 893–902. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/109699%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/109699/1/Naskah Publikasi.pdf

Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender dan Kemampuan Akademis Terhadap Literasi Keuangan Dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 1–12.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##