EDUKASI WEIGHT TRAINING METHOD BAGI ATLET DAN PELATIH NPCI KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Ketut Chandra Adinata Kusuma Universitas Pendidikan Ganesah
  • i wayan artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Eka Budi Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudarmada Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pelatihan, pendampingan, edukasi, strength training method

Abstrak

Perkembangan sport science sangat cepat dan dibutuhkan di segala aspek olahraga kompetitif termasuk pada olahraga difabel. NPCI Buleleng sebagai organisasi olahraga difabel masih belum mendapatkan akses dalam hal penyegaran dan upgrade pengetahuan tentang ilmu kepelatihan terkini. Tujuan pengabdian ini untuk transfer/sharing of knowledge maupun keterampilan tentang strength training method (termasuk penentuan dosis latihan) di NPCI Kabupaten Buleleng. Edukasi melalui proses pelatihan dan pendampingan dipilih sebagai metode dalam mewujudkan tujuan di atas. Sejumlah 20 peserta yang berasal dari NPCI kabupaten Buleleng terlibat sebagai peserta. Pada pertemuan ketiga, seluruh peserta dievaluasi menggunakan lembar evaluasi kinerja guna melihat kemampuan pemahaman tentang penerapan strength training method. Hasilnya seluruh peserta berhasil mendapatkan nilai minimal 70 sesuai kriteria minimum. Berdasarkan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan.

Referensi

Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training (Sixth Edit; R. W. Earle, ed.). Champaign: Human Kinetics.

Hanifah, N., & Budiyono, A. (2021). Pendampingan Orang Tua Untuk Mendisiplinkan Anak Belajar Selama Masa Pandemi. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i1.6458

Hannanti, H., Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, & Muh. Nur Hasan Syah. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Komik Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Terkait Anemia Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 14 Jakarta. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 13(1), 40–53. https://doi.org/10.35473/jgk.v13i1.85

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478

Kusuma, K. C. A., Ariani, L. P. T., & Muliarta, I. W. (2022). Edukasi Pencegahan Cedera Olahraga Bagi Atlet Pencak Silat Satria Muda Indonesia. Proceeding Senadimas Undiksha, 26. Singaraja.

Sidik, Dikdik ri, L. (2019). Pelatihan Kondisi Fisik (Cetakan Pe; Nita, ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilowati, L., Trisetiyaningsih, Y., & Nursanti, I. (2021). Pencegahan Stunting Pada Balita Selama Masa Pandemi Covid-19 Melalui Edukasi Audiovisual. Community Empowerment, 6(4), 563–567. https://doi.org/10.31603/ce.4500

Widodo, J., & Laoly, Y. H. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. , Pub. L. No. 11 (2022). Indonesia.

Wirenviona, R., & Riris, A. A. I. D. C. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja (Edisi 1; R. I. Hariastuti, ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##