PERSEPSI ATLET SEPAK TAKRAW KABUPATEN BULELENG TERHADAP PELATIHAN PSIKOLOGI OLAHRAGA
Kata Kunci:
Persepsi, Atlet, Pelatihan, Psikologi OlahragaAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk melaporkan tentang persepsi atlet sepak takraw Buleleng tentang pelatihan psikologi olahraga dalam rangka memberikan pemahaman, pengetahuan tentang ilmu psikologi olahraga, yang meliputi filosofi latihan, pendekatan psikologi latihan, pemahaman pribadi pelatih, dan mental training. Kegiatan ini ini dilakukan pada hari minggu tanggal 11 agustus 2024. Peserta dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan ini berjumlah 30 orang. Dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan ini melibatkan satu narasumber. Metode yang digunakan dalam pelatihan yaitu: metode ceramah, tanya jawab dan simulasi. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan pengetahuan dan kemampuan peserta mengalami peningkatan terkait pemahaman, pengetahuan tentang ilmu psikologi olahraga, yang meliputi filosofi latihan, pendekatan psikologi latihan, pemahaman pribadi pelatih, dan mental training.
Referensi
Agus Supriyanto (2017). Psikologi Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta:UNY Press
Amansyah, A. (2019). Dasar Dasar Latihan Dalam Kepelatihan Olahraga. Jurnal Prestasi, 3(5), 42-48.
Burton, Damon, 2008. Sport psychology for coaches. United State of America.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hadi, R. (2011). Peran pelatih dalam membentuk karakter atlet. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1).
Handayani, S.G. 2019. Peranan Psikologi Olahraga Dalam Pencapaian Prestasi Atlet Senam Artistik Kabupaten Sijunjung. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2).
Henjilito, R.,Safitri, RE., Yani, A.,Zikri,N., Yolanda, Y. 2022. Peran Psikologi Dalam Konsep Teknik Dasar Bola Tangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai: 3(3).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.