IMPLEMENTASI MODEL MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH BERKARAKTER HARMONI

Penulis

  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

manajemen sekolah, Tri Hita Karana, karakter, harmoni

Abstrak

Permasalahan seperti rendahnya manajemen sekolah berbasis lokal dan pendidikan karakter siswa diidentifikasi untuk diselesaikan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk karakter siswa melalui kearifan lokal Bali, khususnya konsep Tri Hita Karana. Sasaran program ini adalah guru di SD Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat untuk meningkatkan manajemen sekolah dan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Luaran wajib yang diharapkan adalah prosiding seminar nasional dan video dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengelolaan manajemen sekolah harmoni berbasis Tri Hita Karana, adanya peningkatan keterampilan dan pengetahuan guru dalam menerapkan konsep Tri Hita Karana dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan hasil evaluasi observasi 1 pada kategori sedang, observasi 2 kategori tinggi dan observasi 3 kategori sangat tinggi. Kesimpulan program ini dinyatakan berhasil dengan ditandai adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari mitra.

Referensi

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Edisi ke-2. Aditya Media Publishing. Malang.

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36-47.

Arsyam, M. 2020. “Manajemen Pendidikan Islam (Bahan Ajar Mahasiswa) Disusun Oleh Kota Makassar.” : 2.

Ciptawaty, U., Russel, E., Yuliawan, D., Nurbaiti, S., & Melati, W. A. (2023). Pengelolaan Potensi Taman Wisata Desa Di Taman Wisata Tanjung Mas Bogorejo. BEGAWI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 77-82.

Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539-551.

Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM/article/view/551.

Situmeang, D. E., Hawa, M. M., & Ismail, K. (2021). Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2030 Goals 4 Ensure Inclusive and Equitable Quality Education And Promote Lifelong Learning Opportunities For All. Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2030 Goals 4, June.

Sormin, D. (2017). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 2(1), 129 https://doi.org/10.31604/ muaddib.v2i1.159

Sustainable Development Goals. Diakses 10 April 2024. Link:UNICEF and the Sustainable Development Goals | UNICEF

Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102-118.

Utami, N., Saragih, R. F., Daulay, M., Maulana, M. D., & Ramadani, P. (2023). Pembangunan Berkelanjutan: Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Pembangunan Sosial dan Ekonomi Indonesia. Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 46-59.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##