PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DALAM MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Kurikulum Merdeka.Abstrak
Pendidikan sebagai sarana dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kurikulum merdeka menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi guru, siswa dan orang tua dan dapat mengasah pengembangan berpikir kreatif dan inovatif. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sangat penting dalam membangun interaksi antara guru dan siswa serta siswa satu dengan siswa lainnya. Hal ini juga diperlukan oleh guru-guru SD Negeri di Ambengan. Guru perlu bantuan teknologi dalam membuat media pembelajaran yang mampu menarik minat siswa dalam mata pelajaran dengan Canva. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk membuat media pembelajaran kreatif dengan aplikasi canva. Hasilnya melalui pelatihan dan pendampingan guru-guru di Sekolah Dasar Ambengan, mampu membuat media pembelajaran kreatif dengan aplikasi Canva dalam menunjang implementasi Kurikulum Merdeka. Luaran yang dihasilkan berupa artikel yang diterbitkan pada prosiding nasional, HKI, Publikasi di LPPM Undiksha dan youtube.
Referensi
Arief S, Sadiman, (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Burgess, M. L., Price, D. P., & Caverly, D. C. (2012). Digital literaciesin multiuser virtual environments among collegelevel developmental readers. Journal of College Reading and Learning. 43(1), 13–30. https://doi.org/10.1080/10790195.2012.10850360
Dwiyanti, D. F. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP SMK Bina Bangsa Bandung [Repository.upi.edu]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Erwin, J., & Pedroso, P. (2023). Canva tool students’ views on using canva as an all-in-one tool for creativity and collaboration. Journal of Digital Learning andDistance Education. 2(2), 444–460. https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i1.117
Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2022). The use of “Canva for Education” and the students’ perceptions of its effectiveness in the writing procedure text. BIRCI Journal. 5(1), 6368–6377. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4359
Fitria, T. N. (2022). Using canva as media for English Language Teaching (ELT) in developing creativity for informatics students. ELT Echo: The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context. 7(1), 58–68. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789
Gehred, A. P. (2020). Resource review canva. Journal of the Medical Library Association. 108(2), 338–340. https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940
Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana. 6(2). 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id
Kurniawan, D. candra, Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mmata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 4 119–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853
Martínez-Cerdá, J.-F., Caprino, M. P., & Torrent-Sellens, J. (2015). Teachers and students: Working 21st century skills through media education. Proceedings of EDULEARN15 Conference. 7729–7738.
Nurhidayat, E. (2021). Utilizing canva as digital tools to teach grammar in remote learning period. Journal of English Language Learning (JELL). 5(2), 95–99.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. 8(2),79–96.
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal. 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik. Publikasi Pendidikan. 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksa. 12(2).
Sary, Yessy Nur Endah. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Interactive powerpoint learning media in basic school of learning media pembelajaran powerpoint interactive dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. 8(2), 118–123.
Supradaka. (2022). Pemanfaatan canva sebagai media perancangan grafis. Jurnal Ikraith-Teknologi. 6 (74), 62–68.
Thoharudin, Sore dan Suriyanti. 2019. Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Lebih Tinggi Di Desa Sungai Mali Kecamatan Ketungau Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPMK/article/download/423/569.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Triningsih, D.E. 2021.Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendikia. Vol. 15. No. 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667
De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin
Roussev, B. (2003). Teaching introduction to programming as part of the IS component of the business curriculum. Proceedings of the InSITE 2003 Conference, 1353-1360. https://doi.org/10.28945/2714
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.