PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DALAM MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Luh Indrayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Ayu Santi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Kurikulum Merdeka.

Abstrak

Pendidikan sebagai sarana dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kurikulum merdeka menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi guru, siswa dan orang tua dan dapat mengasah pengembangan berpikir kreatif dan inovatif. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sangat penting dalam membangun interaksi antara guru dan siswa serta siswa satu dengan siswa lainnya. Hal ini juga diperlukan oleh guru-guru SD Negeri di Ambengan. Guru perlu bantuan teknologi dalam membuat media pembelajaran yang mampu menarik minat siswa dalam mata pelajaran dengan Canva. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk membuat media pembelajaran kreatif dengan aplikasi canva. Hasilnya melalui pelatihan dan pendampingan guru-guru di Sekolah Dasar Ambengan, mampu membuat media pembelajaran kreatif dengan aplikasi Canva dalam menunjang implementasi Kurikulum Merdeka. Luaran yang dihasilkan berupa artikel yang diterbitkan pada prosiding nasional, HKI, Publikasi di LPPM Undiksha dan youtube.

Referensi

Arief S, Sadiman, (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Burgess, M. L., Price, D. P., & Caverly, D. C. (2012). Digital literaciesin multiuser virtual environments among collegelevel developmental readers. Journal of College Reading and Learning. 43(1), 13–30. https://doi.org/10.1080/10790195.2012.10850360

Dwiyanti, D. F. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP SMK Bina Bangsa Bandung [Repository.upi.edu]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Erwin, J., & Pedroso, P. (2023). Canva tool students’ views on using canva as an all-in-one tool for creativity and collaboration. Journal of Digital Learning andDistance Education. 2(2), 444–460. https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i1.117

Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2022). The use of “Canva for Education” and the students’ perceptions of its effectiveness in the writing procedure text. BIRCI Journal. 5(1), 6368–6377. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4359

Fitria, T. N. (2022). Using canva as media for English Language Teaching (ELT) in developing creativity for informatics students. ELT Echo: The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context. 7(1), 58–68. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789

Gehred, A. P. (2020). Resource review canva. Journal of the Medical Library Association. 108(2), 338–340. https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana. 6(2). 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id

Kurniawan, D. candra, Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mmata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 4 119–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853

Martínez-Cerdá, J.-F., Caprino, M. P., & Torrent-Sellens, J. (2015). Teachers and students: Working 21st century skills through media education. Proceedings of EDULEARN15 Conference. 7729–7738.

Nurhidayat, E. (2021). Utilizing canva as digital tools to teach grammar in remote learning period. Journal of English Language Learning (JELL). 5(2), 95–99.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. 8(2),79–96.

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal. 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik. Publikasi Pendidikan. 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksa. 12(2).

Sary, Yessy Nur Endah. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Interactive powerpoint learning media in basic school of learning media pembelajaran powerpoint interactive dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. 8(2), 118–123.

Supradaka. (2022). Pemanfaatan canva sebagai media perancangan grafis. Jurnal Ikraith-Teknologi. 6 (74), 62–68.

Thoharudin, Sore dan Suriyanti. 2019. Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Lebih Tinggi Di Desa Sungai Mali Kecamatan Ketungau Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPMK/article/download/423/569.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Triningsih, D.E. 2021.Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendikia. Vol. 15. No. 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin

Roussev, B. (2003). Teaching introduction to programming as part of the IS component of the business curriculum. Proceedings of the InSITE 2003 Conference, 1353-1360. https://doi.org/10.28945/2714

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##