PENANAMAN KARAKTER DAN PENGENALAN SAINS BAGI SERIKAT KEPAUSAN ANAK-ANAK DAN REMAJA MISIONER (SEKAMI) PAROKI ST. PAULUS SINGARAJA TAHUN 2024
Kata Kunci:
penanaman karakter, pengenalan sains, anti-bullyingAbstrak
Khalayak sasaran dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah seluruh anak yang tergabung pada Serikat Kepausan Anak-anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) Paroki St. Paulus Singaraja. Berdasarkan identifikasi masalah, anak-anak tersebut memiliki keberagaman budaya, ekonomi, minat-bakat yang belum terfasilitasi, serta tuntutan perkembangan teknologi saat ini, sehingga dipandang perlu anak-anak tersebut dibekali dengan nilai-nilai seperti cinta lingkungan, toleransi, dan anti-bullying agar dapat menjadi individu yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan serta sesama. Selain itu, diharapkan anak-anak juga belajar memahami alam dan berlatih melakukan observasi, memanipulasi obyek, mengukur, mengklasifikasi obyek, melakukan percobaan sederhana, dan dilanjutkan dengan mengkonstruksi pengetahuan sesuai dengan tahapan berpikirnya. Program PkM ini terdiri dari tahapan pelatihan dan pendampingan, serta pemantauan dan evaluasi disetiap kegiatannya. Selanjutnya, di akhir program dilaksanakannya parade hasil dan refleksi seluruh kegiatan PkM. Berdasarkan evaluasi dan refleksi yang telah dilakukan, diperoleh bahwa sebagian besar peserta telah mencapai indikator capaian untuk setiap kegiatan, serta peserta memandang kegiatan ini menyenangkan dan berdampak positif bagi mereka.
Referensi
Gunawan, I. (2012). Imam Gunawan LATAR BELAKANG. 15/12/2015, 18.
Hayat, M. S. (2018). Hakikat Sains dan Inkuiri. Jurnail Sains Dasar, 2008, 1–21.
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7
Rosita, R., & Muhtar, T. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter: Tantangan Moralitas dalam Dinamika Kehidupan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(4), 6057–6067. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3138
Semadi, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Intergralistik. Seminar Nasional Arsitektur, Budaya Dan Lingkungan Binaan (SEMARAYANA#1), 223–232.
Sulastri, A., Octaviany, F., & Atikah, C. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Untuk Gen-Z di Era Digital. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 23762–2378. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5662
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.