PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA RAKYAT BALI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Agetania
  • Gede Weda Rukmana

Kata Kunci:

Modul Ajar, Cerita Rakyat Bali, Sikap Sosial

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru di SD No.4 Sibanggede dalam menyusun modul ajar berbasis cerita rakyat bali. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Pelatihan Penyusunan modul ajar, (2) pendampingan penyusunan modul ajar. Setelah memiliki pengalaman dalam menyusun RPP maka peserta guru diminta untuk menerapkan RPP tersebut secara mandiri di kelas masing-masing. Sesuai tahapan, kegiatan diawali dengan seminar penyampaian materi tentang penyusunan modul ajar berbasis cerita rakyat bali pada tanggal 22 Juli 2024 secara luring dengan melibatkan 17 orang guru di SD No.4 Sibanggede. Kegiatan selanjutnya bimbingan dan pendampingan penyusunan modul ajar berbasis cerita rakyat bali dengan menggunakan metode daring. Produk yang dihasilkan berupa modul ajar berbasis cerita rakyat Bali. Dari hasil analisis diketahui bahwa dari 17 peserta, 12 peserta sudah mampu menyusun modul ajar berbasis cerita rakyat bali. Rancangan evaluasi kegiatan Pengabdian pada masyarakat skim penerapan IPTEK ini adalah keterampilan guru dalam modul ajar berbasis cerita rakyat bali mencapai lebih dari 70%. Sesuai hasil yang diperoleh bahwa sudah 70% peserta mampu menyusun modul ajar berbasis cerita rakyat bali maka kegiatan ini dikatakan berhasil. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini sudah mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru SD No.4 Sibanggede dalam menyusun perangkat pembelajaran modul ajar berbasis cerita rakyat bali.

Referensi

Azmi, U. (2021). Cerita Rakyat Kek Lesap sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Mabasan, 15(2), 305–314. https://doi.org/10.26499/mab.v15i2.466

Andiani, N. D., Antara, I. M., Ardika, W., & Sunarta, N. (2020). Peran Nilai Hindu “Tri Kaya Parisudha” dalam Peningkatan Loyalitas Wisatawan Terhadap Desa Wisata Pedawa, Bali Utara. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 10(2), 603. https://doi.org/10.24843/jkb.2020.v10.i02.p12

Aryani, M. R. D. (2021). Struktur dan Sifat Pelesapan dalam Cerita Rakyat Bali. Jurnal Kajian Bali, 11(23).

Ayu, I., & Sari, L. (2019). Unsur -Unsur Pengetahuan Sosial Dalam Cerita Rakyat Bali Aga dan Buku Pelajaran Sekolah Dasar Zaman Kolonial Belanda. 09(23).

Bayan, S. D. A. N. B. D. I., & Utara, K. L. (2019). FESTIVAL SENI BUDAYA PADA KOMUNITAS. 89–100.

Budaya, B., Pada, L., & Usia, A. (2022). Memulihkan Semangat Dalam Pembelajaran Tatap muka Terbatas Melalui Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Pada Anak Usia Dini. 3, 61–70.

Dharma, I. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Inseri Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63.

Kurniawati, N., Adawiyah, A., Munsi, M. F., Suryakancana, U., Suryakancana, U., Suryakancana, U., & Kunci, K. (2021). Memadukan inovasi dan kearifan lokal dalam pengajaran literasi pada anak usia dini: pendampingan gerakan literasi integrating innovation and local wisdom in teaching early literacy to young learners. 2(1), 125–138.

Parmini, N. P. (2015). Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa SD di Ubud. Jurnal Kajian Bali, 5(2), 1–1.

Paramadhyaksa, I. N. W. (2017). Pencarian Intisari Pesan Fundamental dalam Tradisi dan Seting Pementasan Calonarang di Desa Getakan, Klungkung, Bali. C039–C046. https://doi.org/10.32315/sem.1.c039

Picard, M. (2006). Bali: Tourisme culture at culture touristique (Pertama). KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Pramujiono, A. (2015). Pembelajaran Sastra Multikultural : Menumbuhkan Empati dan Menemukan Jatidiri Bangsa Melalui Pemahaman Keanekaragaman Budaya. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 8(November), 185–194.

Sadwika, N., & Astawan, N. (2020). Cerita Rakyat Bali (Satua) sebagai Media Pembelajaran Kekritisan Penalaran Anak Usia Sekolah Dasar dan Pendidikan Karakter. Widyadari, 21(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4049413

Sari, I. A. L. (2019). Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang.

Susila. (2019). Nilai-Nilai Pancasila Dalam Cerita Rakyat Bali Sebagai Pembelajaran dan Penanaman Karakter Bangsa. 17(2).

Susila, A., & Karmini, N. N. (2019). Nilai - nila Pancasila Dalam Cerita Rakyat Bali sebagai Pembelajaran dan Penanaman Karakter Bangsa. Suluh Pendidikan, 17(2), 101–114.

Yetti, E. (2019). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara: Upaya Melestarikan Budaya Bangsa. Mabasan, 5(2), 13–24. https://doi.org/10.26499/mab.v5i2.207

Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.22225/politicos.1.1.3009.43-52

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##