IMPLEMENTASI BLUE OCEAN STRATEGY BERBASIS DESIGN THINKING 4.0 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMASARAN PETANI KOPI DI DESA BELIMBING PUPUAN

Penulis

  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putri Ariasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suwendra Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

blue ocen strategy, design thinking

Abstrak

Produk Kopi Teduh Mekori memiliki potensi besar dan bisa dikembangkan guna mendukung perekonomian masyarakat di Desa Belimbing Pupuan. Namun adanya perkembangan ilmu pemasaran dan keterbatasa wawasan dari para petani kopi, membuat Kopi Teduh Mekori belum dapat dipasarkan secara massif dan optimal. Kondisi ini menyebabkan diperlukan pendampingan blue ocean strategy berbasis design thinking 4.0, sehingga penyampaian strategi pemasarannya mengenai kualitas produk, harga, serta lokasi pembelian menjadi berbeda dari pesaing dipasaran dan selalu mengutamakan kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Metode kegiatan pendampingan blue ocean strategy berbasis design thinking 4.0 ini menggunakan pemecahan permasalahan yang sudah diidentifikasi sebagai berikut. 1) Memberikan materi mengenai pentingnya produk kopi yang inovatif dan berdaya saing saat ini, sehingga untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan blue ocean strategy dalam menjalankan kegiatan pemasarannya. 2) Memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai pengaplikasian design thinking 4.0 ke dalam blue ocean strategy. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan dapat diketahui bahwa ketiga kelompok petani kopi di Desa Belimbing mampu menyerap dengan baik pengimplementasian blue ocean strategy pada produk kopi teduh mekori, sekaligus mampu membuat design pemasaran produk kopi teduh mekori berdasarkan design thinking 4.0 yang sudah diterima.

Referensi

Brown, T. (2008). Design Thinking. Harvard Business Review, 86, 84-

Kim, WC, & Mauborgne, R. (2005).

Strategi Blue Ocean: Bagaimana Menciptakan Ruang Pasar yang Tidak Tertandingi dan Menjadikan Persaingan Tidak Relevan. Boston, MA: Sekolah Bisnis Harvard.

David E. Hussey. (1998). Strategic Management: From Theory to Implementation. Routledge

Oxman, Rivka. (2017). Thinking difference: Theories and models of parametric design thinking. Design

Studies. 52.

1016/j.destud.2017.06.001.

Pusptasari, D & Novasari L. (2019). Pengembangan Usaha Melalui Penerapan Blue Ocean Strategy (Bos) Pada Ukm Batik Zie Semarang. AKURAT Jurnal Ilmiah Akuntansi. Volume 10, Nomor 3,

hlm 31-40

Samrin& Irawan. (2021). Formulasi Blue Ocean Strategy : Studi Kasus Kopi Gayo di Kabupaten Takengon. Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi,) Vol 2 No 2

hal 410- 420.

Astui, Y., Zulkarnain, M., Mukarramah. (2019). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 2019, hal 144-

Adianto, L. ., & Erlina, R. . (2023). Analisis Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Produk Indihome. Economics and Digital Business Review, 4(2), 435–449.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##