PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA PADA BIDANG KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN VILANETS

Penulis

  • Gede Arna Jude Saskara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Resika Arthana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Edy Listartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Dendi Maysanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Yenny Armayanti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pelatihan, Kompetensi, Guru, Keamanan, Jaringan, Vilanets

Abstrak

SMK TI Bali Global Singaraja merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang terdapat di Singaraja. Memiliki 3 Program keahlian salah satunya adalah Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). TJKT merupakan jurusan yang memerlukan perangkat selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan bahwa permasalahan yang dialami para guru khususnya di konsentrasi Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) dalam mengajarkan Keamanan Jaringan adalah kurangnya bahan untuk pembelajaran dan juga laboratorium untuk praktik. Karena dalam keamanan komputer jika melakukan uji coba pada sistem asli dan milik perusaahaan tertentu akan masuk ke ranah hukum. Mata pelajaran keamanan jaringan ini termasuk dalam kurikulum terbaru di SMK pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sehingga guru melakukan beberapa cara agar siswa dapat mengikuti pembelaran. Berdasarkan permasalah tersebut diperlukan peningkatan kompetensi guru-guru dalam Keamanan jaringan komputer dengan menggunakan Vilanets yang bertujuan Memberikan ilmu bagi guru-guru SMK TI Bali Global Singaraja dalam melakukan simulasi keamanan jaringan tanpa menggunakan perangkat fisik untuk mendukung pembelajaran secara daring maupun luring. Dalam memecahkan masalah diperlukan kerangka pemecahan masalah yang dibagi menjadi 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanan pelatihan dilakukan secara luring di LAB RPL SMK TI Bali Global Singaraja dengan jumlah peserta 12 orang. tingkat pemahaman baik sebesar 58,33%, tingkat pemahaman cukup baik sebesar 41,67% dan tingkat pemahaman kurang sebesar 0%. Efektifitas pelatihan masuk kategori efektif dengan nilai N-Gain = 0,63.

Referensi

Firdausi, A., & Barnawi. (2017). Profil Guru SMK Profesional (M. Sandra (ed.); 2nd ed.). Ar-Ruzz Media.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65– 70.

Huma Belajar. (2019). Mengenal GNS3 . https://humbel.id/mengenal-gns3/ (Diakses tanggal 17 Februari 2022)

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva, 4(2), 231–240.

Irwansyah, M. R., Meitriana, M. A., & Suwena, K. R. (2020). Student Work Readiness in Vocational High School. 158(Teams), 285–290. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201212.0 40

Mahendra, G.S., dkk. (2022). Keamanan Komputer. Jakarta: PT. Galiono Digdaya Kawthar

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the COVID19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

S. Sudradjat and F. Amyar, “PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi di SMK Pembangunan Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2020, doi: 10.37641/jadkes.v1i1.321.

Safira, Amera P. (2021). Apa Itu Mikrotik? Pengertian, Fungsi, & Jenisnya

Saskara, G.A.J., Listartha, I.M.E. and Santyadiputra, G.S., 2021. Performa Raspberry PI Wireless Intrusion Detection System (RAPWIDS) Mendeteksi Serangan Cracking WPA2 HandShake. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(3), pp.345–351. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.43068.

Sulfemi, W. B., & Qodir, A. (2017). Hubungan Kurikulum 2013 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smk Pelita Ciampea Relationship. EDUTECNO : Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 17(106), 1–12.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##