PEMBERDAYAAN KAPASITAS MANAJEMEN USAHA BERBASIS ORANGE ECONOMY UNTUK UMKM SEKTOR UNGGULAN DI DESA BELIMBING PUPUAN
Kata Kunci:
Orange Economy, manajemen usaha, inovasi produk, pemasaran digital, pemberdayaan UMKMAbstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha lokal melalui pendekatan Ekonomi Kreatif (Orange Economy). Tujuan utamanya adalah memperbaiki kualitas produk dan jangkauan pasar bagi dua kelompok usaha dengan meningkatkan kemasan dan inovasi produk. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan, lokakarya, dan pendampingan berkelanjutan dalam manajemen usaha dan pemasaran, dengan peningkatan signifikan pada kualitas produk, manajemen usaha, serta kapasitas penjualan. Hasilnya menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 30%, melampaui target awal. Program ini menekankan dampak positif dari penggabungan kearifan lokal dengan inovasi dan pemasaran digital, yang membuktikan bahwa UMKM lokal dapat meningkatkan daya saing mereka di tengah pasar yang semakin kompleks.
Referensi
Bappeda Kota Denpasar. (2017). Denpasar Smart Orange Economy Dalam Multi Perspektif (I. G. W. M. Yasa, Ed.). Swasta Nulus.
Krisdianto, N., Hartono, M., & Sujatmiko, G. (2022). INDUSTRI ORANYE. Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Surabaya.
Mahadipta, N. G. D., & Yuliarmi, N. N. (2021). COMMUNITY INNOVATION AND CREATIVITY IN DEVELOPING THE CREATIVE INDUSTRY. Eurasia: Economics & Business, 4(46), 3–16. https://doi.org/10.18551/econeurasia.2021-04
Ramantha, I. W., Wiagustini, N. L. P., Yasa, N. N. K., Utama, M. S., Suprasto, H. B., Budiasih, I. G. A. N., Yasa, I. G. W. M., Wardana, I. G., Riana, I. G., Sukaatmaja, I. P. G., Giantari, I. G. A. K., Purbadharmaja, I. B. P., Suardikha, I. M. S., Setyari, N. P. W., Setiawina, N. D., Suartana, I. W., & Sujana, I. K. (2017). STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM BALI. Udayana University Press.
Sartika, S. H., Mashud, Hasan, M., Syam, A., Susilowati, E., Purba, B., SN, A., Jufri, M., Faried, A. I., Rosihana, R. E., Raditya, & Amruddin. (2022). Ekonomi Kreatif. Penerbit Yayasan Kita Menulis. https://www.researchgate.net/publication/362318448
UNESCO, & The World Bank. (2021). Cities, Culture, Creativity Leveraging Culture and Creativity for Sustainable Urban Development and Inclusive Growth. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.