PEMBERDAYAAN KAPASITAS MANAJEMEN USAHA BERBASIS ORANGE ECONOMY UNTUK UMKM SEKTOR UNGGULAN DI DESA BELIMBING PUPUAN

Penulis

  • Made Putri Ariasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Ayu Santi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Amanda Dewanti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Orange Economy, manajemen usaha, inovasi produk, pemasaran digital, pemberdayaan UMKM

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha lokal melalui pendekatan Ekonomi Kreatif (Orange Economy). Tujuan utamanya adalah memperbaiki kualitas produk dan jangkauan pasar bagi dua kelompok usaha dengan meningkatkan kemasan dan inovasi produk. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan, lokakarya, dan pendampingan berkelanjutan dalam manajemen usaha dan pemasaran, dengan peningkatan signifikan pada kualitas produk, manajemen usaha, serta kapasitas penjualan. Hasilnya menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 30%, melampaui target awal. Program ini menekankan dampak positif dari penggabungan kearifan lokal dengan inovasi dan pemasaran digital, yang membuktikan bahwa UMKM lokal dapat meningkatkan daya saing mereka di tengah pasar yang semakin kompleks.

Referensi

Bappeda Kota Denpasar. (2017). Denpasar Smart Orange Economy Dalam Multi Perspektif (I. G. W. M. Yasa, Ed.). Swasta Nulus.

Krisdianto, N., Hartono, M., & Sujatmiko, G. (2022). INDUSTRI ORANYE. Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Surabaya.

Mahadipta, N. G. D., & Yuliarmi, N. N. (2021). COMMUNITY INNOVATION AND CREATIVITY IN DEVELOPING THE CREATIVE INDUSTRY. Eurasia: Economics & Business, 4(46), 3–16. https://doi.org/10.18551/econeurasia.2021-04

Ramantha, I. W., Wiagustini, N. L. P., Yasa, N. N. K., Utama, M. S., Suprasto, H. B., Budiasih, I. G. A. N., Yasa, I. G. W. M., Wardana, I. G., Riana, I. G., Sukaatmaja, I. P. G., Giantari, I. G. A. K., Purbadharmaja, I. B. P., Suardikha, I. M. S., Setyari, N. P. W., Setiawina, N. D., Suartana, I. W., & Sujana, I. K. (2017). STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM BALI. Udayana University Press.

Sartika, S. H., Mashud, Hasan, M., Syam, A., Susilowati, E., Purba, B., SN, A., Jufri, M., Faried, A. I., Rosihana, R. E., Raditya, & Amruddin. (2022). Ekonomi Kreatif. Penerbit Yayasan Kita Menulis. https://www.researchgate.net/publication/362318448

UNESCO, & The World Bank. (2021). Cities, Culture, Creativity Leveraging Culture and Creativity for Sustainable Urban Development and Inclusive Growth. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##