IMPLEMENTASI VIRMATA UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM UKIRAN DESA SUMITA
Kata Kunci:
VIRMATA, UMKM ukiran, 3D model, virtual tour,, pemasaran digitalAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran UMKM ukiran di Desa Sumita melalui implementasi VIRMATA (Virtual Market Desa Sumita), sebuah website berbasis virtual tour 360 yang menampilkan titik lokasi penjual dan produk ukiran dalam bentuk model 3D yang identik dengan produk aslinya. Program ini dirancang untuk membantu para pelaku UMKM memperluas jangkauan pasar secara digital dengan menghadirkan pengalaman interaktif bagi calon pembeli. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan, para pelaku UMKM dibimbing dalam memanfaatkan VIRMATA sebagai media pemasaran yang inovatif. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam visibilitas dan minat terhadap produk ukiran Desa Sumita. Dengan implementasi VIRMATA, UMKM lokal memiliki sarana yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan melalui platform digital. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi kreatif di Desa Sumita.
Referensi
Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(Vol. 6 No. 1 (2020)), 69–78. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582
Juniantari, N. K. R., Pengguna, P., & Questionnaire, U. E. (2021). Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Dpmptsp Information System Analysis Using the User Experience. 4(1), 31–37. https://doi.org/10.33387/jiko
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 25–29.
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 79–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22225
Putra, I. N. T. A., Sandhiyasa, I. M. S., & Wulantari, N. P. A. S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Sentuhan Teknologi dalam Memasarkan Produk Umkm Desa Sumita. Journal of Social Work and Empowerment, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.58982/jswe.v3i1.501
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.