IMPLEMENTASI VIRMATA UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM UKIRAN DESA SUMITA

Penulis

  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sepdyana Kartini Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Made Subrata Sandhiyasa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ni Putu Ayu Siska Wulantari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

Kata Kunci:

VIRMATA, UMKM ukiran, 3D model, virtual tour,, pemasaran digital

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran UMKM ukiran di Desa Sumita melalui implementasi VIRMATA (Virtual Market Desa Sumita), sebuah website berbasis virtual tour 360 yang menampilkan titik lokasi penjual dan produk ukiran dalam bentuk model 3D yang identik dengan produk aslinya. Program ini dirancang untuk membantu para pelaku UMKM memperluas jangkauan pasar secara digital dengan menghadirkan pengalaman interaktif bagi calon pembeli. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan, para pelaku UMKM dibimbing dalam memanfaatkan VIRMATA sebagai media pemasaran yang inovatif. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam visibilitas dan minat terhadap produk ukiran Desa Sumita. Dengan implementasi VIRMATA, UMKM lokal memiliki sarana yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan melalui platform digital. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi kreatif di Desa Sumita.

Referensi

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(Vol. 6 No. 1 (2020)), 69–78. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582

Juniantari, N. K. R., Pengguna, P., & Questionnaire, U. E. (2021). Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Dpmptsp Information System Analysis Using the User Experience. 4(1), 31–37. https://doi.org/10.33387/jiko

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 25–29.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 79–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22225

Putra, I. N. T. A., Sandhiyasa, I. M. S., & Wulantari, N. P. A. S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Sentuhan Teknologi dalam Memasarkan Produk Umkm Desa Sumita. Journal of Social Work and Empowerment, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.58982/jswe.v3i1.501

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##