PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU SD DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK

Penulis

  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

TPACK, Perangkat Pembelajaran, E-LKPD, Pelatihan Guru, Teknologi Pendidikan

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Berdasarkan temuan, banyak guru masih kesulitan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, yang berdampak pada kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa. Pelatihan ini memberikan pengalaman teoretis dan praktis kepada guru dalam menggunakan TPACK secara efektif. Melalui workshop dan pendampingan, guru dibimbing untuk menyusun E-LKPD interaktif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa para peserta mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan meningkatkan minat belajar siswa. Program ini berhasil mencapai tujuan dengan baik, serta memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran di SD 5 Abiansemal. Kegiatan serupa disarankan untuk diadakan secara berkala guna mendukung perkembangan kompetensi guru dalam pengajaran berbasis teknologi.

Referensi

Darling-Hammond, L. (2000). Teacher Quality and Student Achievement. Education Policy Analysis Archives, 8, 1. https://doi.org/10.14507/epaa.v8n1.2000

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Mouza, C., Karchmer-Klein, R., Nandakumar, R., Yilmaz Ozden, S., & Hu, L. (2014). Investigating the impact of an integrated approach to the development of preservice teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK). Computers & Education, 71, 206–221. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.09.020

Nursiah, Mailizar, & Munzir, S. (2021). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK) of in-position teacher profession education (TPE) students of mathematics education. 020036. https://doi.org/10.1063/5.0041686

Swallow, M. J. C., & Olofson, M. W. (2017). Contextual Understandings in the TPACK Framework. Journal of Research on Technology in Education, 49(3–4), 228–244. https://doi.org/10.1080/15391523.2017.1347537

Yurniwati, Y. (2022). Determination and Comparison Pedagogical Content Knowledge of Pre-Service and In-Service Elementary School Teachers in Mathematics. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(4), 117. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i4.5161

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##