PENGENALAN DIGITAL MARKETING KEPADA PELAKU USAHA MIKRO DI DESA WANAGIRI KECAMATAN SUKASADA, KABUPATEN BULELENG

MEMBANGUN PRAKTIK PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF

Penulis

  • Nyoman Suadnyana Pasek Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Arya Putra Bharata universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pradnyana Paradila universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO , PEMASARAN DIGITAL

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng mengenai digital marketing. Dalam era digital yang terus berkembang, banyak pelaku usaha mikro yang belum bisa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk memasarkan produk mereka. Kegiatan ini meliputi pelatihan dan pendampingan tentang konsep dasar digital marketing, pemanfaatan media sosial, serta strategi pemasaran online yang efektif. Dengan melibatkan pelaku usaha mikro, diharapkan mereka dapat memahami pentingnya pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan praktik pemasaran yang lebih efisien, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui evaluasi yang dilakukan pasca pelatihan, diharapkan adanya peningkatan pengetahuan dan penerapan strategi digital marketing di kalangan peserta utamanya di desa Wanagiri.

Referensi

APJII. (2021). Laporan Survei Pengguna Internet 2021.

Dewi, R. (2020). Analisis Digital Marketing pada Usaha Mikro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Hapsari, N. (2021). Adaptasi Usaha Mikro di Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Agustina, Yumniati, dkk.(2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Aplikasi SI APIK Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat “Intervensi Komunitas”. Vol. 2, No, 2: Oktober-Maret 2021. E- ISSN: 2714-691X OJS: http://ojs.itbad.ac.id/index.php/IK

Hamdani, 2018. Penyebab Utama UMKM Indonesia Sulit Bersaing di Pasar Bebas. [Online] Tersedia di : https://www.ajnn.net/news/5-penyebabutama-umkm- indonesia-sulit-bersaing-dipasarbebas/index.html[Diakses Februari 2022].

Herlambang, Toni, dkk. (2021). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Pelaku Umkm Di Desa Dawuhan MangliKecamatan Sukowono Universitas Muhammadiyah. Jember.

Hidayat,Raden AiLutfi, dkk.(2020). Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Si Apik Dalam Pembuatan Laporan Keuangan UMKM Rumah Pemberdayaan Masyarakat Tangerang Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang Volume: 1 Nomor: 3 p-ISSN:2716-4780 e-ISSN: 2721-6144

Junaidi, J. (2017). Pelatihan manajemen keuangan sebagai upaya peningkatan daya saing UMKM dalam menghadapi MEA di Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 46–51. doi: 10.35906/jipm01.v1i1.238.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##