METODE NLP HYPNOTEACHING DALAM KAJI TINDAK UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU

Penulis

  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Susiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Ari Surya Dharmawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

NLP, Hypnoteaching, disiplin positif, Lesson Study, kualitas pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan kinerja guru SMP di Kecamatan Kintamani melalui penerapan metode NLP (Neuro-Linguistic Programming) dan Hypnoteaching dalam disiplin positif dengan pendekatan Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan guru menerapkan disiplin positif, kualitas interaksi guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. NLP membantu guru memahami pola pikir siswa, membangun komunikasi efektif, dan menggunakan bahasa positif. Hypnoteaching menciptakan suasana belajar rileks, meningkatkan fokus siswa, dan menanamkan motivasi. Lesson Study mendorong kolaborasi, refleksi, dan pengembangan profesional guru. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan intensif, penyediaan sumber belajar, kolaborasi dengan pakar, dan penelitian lanjutan untuk mengoptimalkan penerapan metode ini.

Referensi

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Anwar, M. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose:

Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106

Bali, M. M. E. I., & Masulah, I. (2019). Hypnoteachingg: Solusi Siswa Learning Disorder. AtTurats, 13(1), 89. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1188

Brennan, R., Dworak, J., & Reinhart, S. (2002). Using Positive Discipline to reduce Disruptive Classroom Behaviors. St. Xavier University and Skylight.

Cotton, K., & Savard, W. . (1982). Student Discipline and Motivation: Research Synthesis. Northwest Regional Educational Laboratory.

Durrant, J. . (2010). Positive Discipline in Everyday Teaching: Guidelines for Educators. Save The Children. https://doi.org/10.1002/hrm.3930280306

Erickson, M. H. (1965). The Use of Symptoms as an Integral Part of Hypnotherapy. American

Journal of Clinical Hypnosis, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.1080/00029157.1965.10402461

Erickson, M. H., & Rossi, E. L. (1979). Hypnotherapy: An Exploratory Casebook. Irvington Publishers.

Febriandari, E. I. (2017). Penerapan Metode Disiplin Positif Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak SD. Seminar Nasional Pendidikan Dan

Pembelajaran, 1(1), 153–168.

https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/132

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hartono, R., Suastra I, W., & Lasmawan I, W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Nusantara. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran, 4(2), 823–828. http://jurnaledukasia.org

Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling, 4(5), 1–6.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7441/5618

Hasan, F., & Sukidin, S. (2021). Link and Match Between Hypnoteaching and Transformative Learning A Study Toward Practical Dimension in Learning. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 405. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.405-412.2021

Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & ... (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami …, 1101–1114. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4796

Lutfiyatun, E. (2023). Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Alsina : Journal of Arabic Studies, 5(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/alsina.5.1.18277

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Nelsen, J., Lott, L., & Glenn, S. . (2011). Positive Discipline in the Classroom: Developing Mutual Respect, Cooperation, and Responsibility in Your Classroom (3rd ed.). Three River Press.

Nurishlah, L., Subiyono, & Hasanah, I. (2022). Implementasi Disiplin Positif di SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 643–655.

Oktarina, P. S. (2016). Konsistensi Penerapan Disiplin Positif dalam Pengembangan Karakter Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional IHDN Denpasar, 3(1), 67–77.

Prasetyaningsih, N., Muiz, A., & Fatimah. (2024). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Somayeh, G., Sayyedmirshah, J., & Sayyed, M. . (2013). Investigating the Effect of Positive Discipline on the Learning Process and its Achieving Strategies with Focusing on the Students ’ Abilities. International Journal of Academic Research in Business and Social

Sciences, 3(5), 305–315. https://doi.org/10.13140/2.1.3008.5128

Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506

Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar Smk Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187–200. https://doi.org/10.51212/jdp.v16i2.176

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##