METODE NLP HYPNOTEACHING DALAM KAJI TINDAK UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU
Kata Kunci:
NLP, Hypnoteaching, disiplin positif, Lesson Study, kualitas pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan kinerja guru SMP di Kecamatan Kintamani melalui penerapan metode NLP (Neuro-Linguistic Programming) dan Hypnoteaching dalam disiplin positif dengan pendekatan Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan guru menerapkan disiplin positif, kualitas interaksi guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. NLP membantu guru memahami pola pikir siswa, membangun komunikasi efektif, dan menggunakan bahasa positif. Hypnoteaching menciptakan suasana belajar rileks, meningkatkan fokus siswa, dan menanamkan motivasi. Lesson Study mendorong kolaborasi, refleksi, dan pengembangan profesional guru. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan intensif, penyediaan sumber belajar, kolaborasi dengan pakar, dan penelitian lanjutan untuk mengoptimalkan penerapan metode ini.
Referensi
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995
Anwar, M. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose:
Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106
Bali, M. M. E. I., & Masulah, I. (2019). Hypnoteachingg: Solusi Siswa Learning Disorder. AtTurats, 13(1), 89. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1188
Brennan, R., Dworak, J., & Reinhart, S. (2002). Using Positive Discipline to reduce Disruptive Classroom Behaviors. St. Xavier University and Skylight.
Cotton, K., & Savard, W. . (1982). Student Discipline and Motivation: Research Synthesis. Northwest Regional Educational Laboratory.
Durrant, J. . (2010). Positive Discipline in Everyday Teaching: Guidelines for Educators. Save The Children. https://doi.org/10.1002/hrm.3930280306
Erickson, M. H. (1965). The Use of Symptoms as an Integral Part of Hypnotherapy. American
Journal of Clinical Hypnosis, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.1080/00029157.1965.10402461
Erickson, M. H., & Rossi, E. L. (1979). Hypnotherapy: An Exploratory Casebook. Irvington Publishers.
Febriandari, E. I. (2017). Penerapan Metode Disiplin Positif Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak SD. Seminar Nasional Pendidikan Dan
Pembelajaran, 1(1), 153–168.
https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/132
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Hartono, R., Suastra I, W., & Lasmawan I, W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Nusantara. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran, 4(2), 823–828. http://jurnaledukasia.org
Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling, 4(5), 1–6.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7441/5618
Hasan, F., & Sukidin, S. (2021). Link and Match Between Hypnoteaching and Transformative Learning A Study Toward Practical Dimension in Learning. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 405. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.405-412.2021
Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & ... (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami …, 1101–1114. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4796
Lutfiyatun, E. (2023). Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Alsina : Journal of Arabic Studies, 5(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/alsina.5.1.18277
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Nelsen, J., Lott, L., & Glenn, S. . (2011). Positive Discipline in the Classroom: Developing Mutual Respect, Cooperation, and Responsibility in Your Classroom (3rd ed.). Three River Press.
Nurishlah, L., Subiyono, & Hasanah, I. (2022). Implementasi Disiplin Positif di SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 643–655.
Oktarina, P. S. (2016). Konsistensi Penerapan Disiplin Positif dalam Pengembangan Karakter Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional IHDN Denpasar, 3(1), 67–77.
Prasetyaningsih, N., Muiz, A., & Fatimah. (2024). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Somayeh, G., Sayyedmirshah, J., & Sayyed, M. . (2013). Investigating the Effect of Positive Discipline on the Learning Process and its Achieving Strategies with Focusing on the Students ’ Abilities. International Journal of Academic Research in Business and Social
Sciences, 3(5), 305–315. https://doi.org/10.13140/2.1.3008.5128
Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506
Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar Smk Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187–200. https://doi.org/10.51212/jdp.v16i2.176
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.