PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MGMP PKN SMP KABUPATEN BULELENG DALAM RANGKA MEWUJUDKAN HAKIKAT, VISI, MISI DAN TUJUAN PKN DI INDONESIA

Penulis

  • I Wayan Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Hendra Mas Martayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Asri Sidaryanti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

PBL and PjBL, the essence, Civics, Nation Character

Abstrak

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang penerapan model Problem Based Learning ( PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada Guru-Guru PKn SMP di Kabupaten Buleleng dalam rangka mewujudkan Hakikat, Visi, Misi dan Tujuan PKn di Indonesia. Program pengabdian ini menggunakan pendekatan pemberdayaan dengan prinsip partisipasi penuh dari khalayak sasaran. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini tampak bahwa sebagian besar peserta memahami pentingnya mengimplentasikan model PBL dan PjBL. Para guru PKn memahami bahwa mengimplentasikan model PBL dan PjBL merupakan representasi dari implementasi hakekat PKn dan menjadi pedoman nyata dalam mewujudkan visi dan misi PKn dan tujuan PKn sebagai sebagai wahana pendidikan demokrasi, dan sebagai pendidikan karakter banggsa Indonesia.

Referensi

Agista. (2023). Transformation Of P4 Upgrading During the New Order Period Into the Independent Curriculum: A Review Of The Implementation of P5 In National Education. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan. Vol. 3 (1) 2023. Hal 1-10. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita .

Arikunto, Suharsimi. (1997).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Branson, Margaret. S. (1998). The Role of Civic Education. A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Calabasas: Center for Civic Education: http://www.civiced.org

CCE. (2004). Kami Bangsa Indonesia. California: Centre for Civic Education.

Cogan, J.J. (1999). Developing the Civic Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED.

Cogan, J.J. and Derricot, Ray. (1998). Citizenship for the 21st Century: An International Perspective on Education. London: Kogan Page Lemited Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Djahiri. H. A. K. (2006). Esensi Pendidikan Nilai-Moral dan PKn di Era Globalisasi. Dalam Budimansyah dan S. Syam (ed). Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab. PKn FPIPS. UPI.

Hana Pertiwi, at al. (2023). Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia Serta Perkembangan Ideologi Pancasila Pada Masa Orde Lama Orde Baru Dan Era Reformasi. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, Vol 4 (1) 2023. Retrieved from http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3503

Gredler, Margaret E. Bell. (1986). Learning And Instruction Theory Into Practice “Second Edition”. New York: Macmillan Publishing Company

Joyce, Bruce. et al. (2001). Models of Teaching “Eighth Editions”. Pustaka Pelajar

Kerr, David. (1999). Citizenship Education: An International Comparison. England: National Foundation for Educational Research-NFER.

Murdiono, Mukhamad (2010). Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal (Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY). Lemlit UNY: Yogyakarta

Sapriya. (2001). Analisis Signifikasi “Content” PKn Persekolahan dalam Menghadapi Tuntutan Era Demokrasi dan Penegakan Hak Asasi Manusia. Jurnal Civicus (1) 57-72. Bandung. Jurusan PMPKN. UPI.

Sapriya. (2007). Perspektif Pemikiran Pakar tentang Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Bangsa. SPS. UPI. Bandung.

Sapriya & Maftuh Bunyamin (2005). Jurnal Civicus Pembelajaran PKn melalui Pemetaan Konsep. Bandung.Jurusan PKn. FPIPS. UPI.

Sutono, A, dan Purwosaputro, S. (2019). Aksiologi Pancasila. Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol VIII (2) 2019. Hal 67-86. DOI: https://doi.org/10.26877/civis.v8i2.4678 .

Sukadi. et al (2010). Rekonstruksi Pemikiran Belajar dan Pembelajaran PKN SD Sebagai Yadnya dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahap II. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ulul Huda, at al. (2018). Strategi Penanggulangan Radikalisme Di Perguruan Tinggi Kabupaten Banyumas. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam. Vol 5 (1) 2018. Hal 39-61. DOI: https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i1.163 .

Wahab, A Azis & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraa. Bandung; Alpadeta.

Winataputra, U.S. (2001). Jati diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi (Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS). Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##