INTEGRASI TPACK MELALUI PEMBUATAN INTERACTIVE FLASHCARD DENGAN MENGGUNAKAN ASSEMBLR.EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA NEGERI GLENMORE BANYUWANGI
Kata Kunci:
TPACK, AUGMENTED REALITY, ASSEMBLR EDUAbstrak
TPACK merupakan strategi inovatif guru untuk meningkatkan efisiensi, inovasi dan produktivitas dalam proses pembelajaran. SMA Negeri Glenmore Banyuwangi merupakan sekolah yang memiliki komitmen perubahan dalam menyongsong pembelajaran abad 21. Urgensi permasalahan saat ini adalah tingginya level abstraksi materi yang diajarkan, sehingga sulit untuk memberikan kemudahan dalam memvisualisasikan konsep abstrak ke dalam bentuk real. Salah satu program utama sekolah pada tahun 2024 adalah akselerasi digital skills guru khusus dalam pembelajaran. Program utama ini diturunkan menjadi pelatihan dan pendampingan pembuatan flashcard AR sebagai media pembelajaran interaktif. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan adalah assemblr.edu yang user friendly serta mudah diaplikasikan. Pelatihan dilakukan secara intensif dengan menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, tindak lanjut, pendampingan dan evaluasi. Hasil yang dicapai, peserta mendapatkan experimental practice. Terdapat peningkatan sangat signifikan di level 99% dengan t-statis lebih dari 2,34 dan p-value < 0,01 setelah dilakukan proses pelatihan. Perbedaan rata nilai skor pelatihan sebelum dan sesudah adalah 10,5 poin.
Referensi
Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13.
Al-Amri, S., Hamid, S., Noor, N. F. M., & Gani,
A. (2023). A framework for designing interactive mobile training course content using augmented reality. Multimedia Tools and Applications. https://doi.org/10.1007/s11042-023- 14561-4
Altmeyer, K., Kapp, S., Thees, M., Malone, S., Kuhn, J., & Brünken, R. (2020). The use of augmented reality to foster conceptual knowledge acquisition in STEM laboratory courses—Theoretical background and empirical results.
British Journal of Educational Technology, 51(3), 611–628.
Budasi, N. M. R. I. G., Santosa, M. H., Sudana,
P. A. P., Sari, R. A., & Purandina, I. P.
Y. (2023). RESPON GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGGUNAAN KAMUS DIGITAL TEMATIK
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris.
ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Umbara, U., Rosyid, A., & Setiawan, D. L. (2019). Pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis flash menggunakan adobe animate bagi guru SMP di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 93–
Wahyuni, D. S., Agustini, K., & Ariadi, G. (2022). An AHP-Based Evaluation Method for Vocational Teacher‘s Competency Standard. International Journal of Information and Education Technology, 12(2), 157–164. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.2. 1599
Wahyuni, D. S., Agustini, K., Subawa, B., Pradnyana, I. K. A., Abdi, A. S., & Ariadi, G. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KUIS BERSTRATEGI EDUTAINMENT DENGAN MENGGUNAKAN QUIZWHIZZER DI SMK NEGERI 1 NUSA PENIDA.
Proceeding Senadimas Undiksha, 791. Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani,
M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(5).
Damayanti, K. K. (2023). Proses Pembelajaran dan Perkembangan Kognisi Menurut Perspektif Jean Piaget. Journal of Life Span Development, 1(1).
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).
Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi literatur media pembelajaran flash card dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(03), 575–583.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I.
B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.