PELATIHAN PEMBUATAN BOOKLET BERBASIS MYSTORYBOOK SEBAGAI MEDIA LITERASI BAGI PARA GURU DI PKG PAUD KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG
Kata Kunci:
Paud, media literasi, booklet, mystorybookAbstrak
Saat ini, guru masih dihadapkan pada permasalahan penguasaan teknologi informasi yang belum maksimal. Keterampilan guru menggunakan aplikasi untuk membuat media literasi masih sebatas mengakses canva dan capcut. Oleh karena itu, tim membuat program Pelatihan Pembuatan Booklet Berbasis Mystorybook sebagai Media Literasi bagi Para Guru di PKG PAUD Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Tujuannya, yaitu meningkatkan kemampuan para guru dalam mendesain booklet berbasis Mystorybook sebagai media literasi dan mendeskripsikan tanggapan para guru setelah mengikuti kegiatan PKM. Target pelatihan ini adalah meningkatkan keterampilan para guru mendesain media booklet berbasis Mystorybook di TK/PAUD. Kegiatan ini menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, demontrasi, pemberian modul, dan evaluasi tentang penggunaan Mystorybook. Jumlah peserta yang dilibatkan sebanyak 12 guru TK. Hasil yang diperoleh adalah para guru mampu meningkatkan keterampilan mengembangkan media booklet berbasis Mystorybook. Desain media literasi yang dihasilkan sudah sesuai kriteria yang diharapkan. Para peserta sangat antusias, tekun, dan kreatif selama mengikuti kegiatan.
Referensi
Afrilia, L., Arief, D., Amini, R., & Negeri Padang, U. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2559
Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
CAHAYA,P., & Cinthya Gani, A. (2022). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2022 Penguatan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI EDIT VIDEO DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PAUD. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSENAPENMAS/article/view/21041
Fitri, Mulyani & Nur Haliza (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, volume 3 nomor 1 Tahun 2021. Hal 101-109.
Gani AC. INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI EDIT VIDEO DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PAUD. 2022;21:209–14.
Herlina, E., Stai, R., Khalidiyah, A., & Kalimantan, S. (2022). BENTUK DAN SIFAT PENGABDIAN MASYARAKAT YANG DITERAPKAN OLEH PERGURUAN TINGGI. 2(3), 122–130. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSENAPENMAS/article/view/21041
Gustiani, R., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7242-7246.
Nurdin. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat : Dalam Konsep dan Implementasi. Jurnal Faedah. Vol 1, no 3. Hal 01-15. DOI: https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.211
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022
Sadriani, A., Ridwan, M., Ahmad, S., & Arifin, I. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital.
https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Satriana, M., Haryani, W., Sutriany Jafar, F., Maghfirah, F., Dewi Nurliana Sagita, A., & Ananda Septiani, F. (2022). Media Pembelajaran Digital dalam Menstimulasi Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408–414. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.51579
Supriyanto, A., Razaq, J. A., Budiarso, Z., & Nugroho, I. (2022). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN ANDROID TV PADA TAMAN PINTAR “TUNAS BANGSA” MANYARAN SEMARANG. Journal of Dedicators Community, 6(1). https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2316
.
Tari, E., Hasiholan Hutapea, R., Tinggi, S., Kristen, A., & Kupang, N. (2020). KHARISMA: JURNAL ILMIAH TEOLOGI Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital (Vol. 1, Issue 1). http://jurnalsttkharisma.ac.id/index.php/Kharis/
Wardhani, J. D., Katoningsih, S., Asmawulan, T., Nasywa, N. M., & Mahaeswari, A. C. (2023). Penguatan Keterampilan dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK bagi Guru Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kartasura. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22722
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.