PEMBUATAN PAKET WISATA SEBAGAI INOVASI PROMOSI PARIWISATA DI DESA SAWAN

Penulis

  • Luh Putu Triyanti Ariestiana Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Putra Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Henny Andayani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

tourism, tour package, innovation

Abstrak

Pariwisata adalah salah satu sektor utama yang mendukung perekonomian di Indonesia. Berdasarkan Keputusan Bupati Buleleng No: 430/405/Hk/2017 tentang Desa Wisata, Desa Sawan telah ditetapkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Buleleng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi inovasi-inovasi yang dapat ditawarkan guna membantu mempromosikan Desa Wisata Sawan serta peran para pemangku kepentingan dalam mempromosikan Desa Wisata Sawan. Metode penelitian di Desa Sawan berbentuk pelatihan, yang secara khusus difokuskan pada pelatihan pembuatan Paket Wisata untuk memasarkan pariwisata di Desa Sawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan inti dilakukan dalam dua tahap, yaitu pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan paket wisata yang didasarkan pada potensi wisata yang dimiliki Desa Sawan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan desa wisata adalah dengan membuat paket wisata. Para pemangku kepentingan pariwisata juga telah memahami peran mereka dalam membantu mempromosikan desa wisata mereka.

Referensi

Dessler.2013.Manajemen Sumber Daya Manusia Human Resources Jilid 2. Prenhalindo: Jakarta.

Suwarso, W.A.,2021. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, Volume 3, No. 2, Maret 2021, hlm 146-156.

Website Resmi Desa Sawan (http://sawan-buleleng.desa.id/index.php/first)

Website Resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (https://jadesta.kemenparekraf.go.id/adwi2024)

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##