PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF STEM-SERIES TERINTEGRASI LINGKUNGAN KAYA TEKS UNTUK PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DI SD BEBANDEM
Kata Kunci:
media interaktif, STEM-Series, pembelajaran matematika dan IPAAbstrak
Pengabdian ini merujuk pada hasil identifikasi masalah yang ditemukan dan urgen untuk ditangani pada tiga sekolah dasar yang berlabel sekolah penggerak di Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, yaitu SDN 2 Bebandem, SDN 4 Bebandem, dan SDN 8 Bebandem. Sebagai sekolah penggerak, dari segi pengelolaan pembelajaran terpadu yang menyenangkan khususnya pelajaran Matematika dan IPA masih terbatas. Solusi yang dilakukan yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media interaktif berbasis STEM-Series bagi guru-guru SD yang tergabung Gugus II Kecamatan Bebandem. Pelatihan dan pendampingan ini telah berhasil mengatasi masalah yang teridentifikasi sebelumnya, dapat dilihat dari: 1) respon guru terhadap pelatihan yang disajikan sangat tinggi, ditunjukkan oleh kehadiran peserta dari awal sampai akhir 100%; (2) guru berhasil mengerjakan tugas baik secara individu maupun diskusi dengan guru lainnya dan tim pengabdian; dan 3) hasil angket respons guru terhadap kegiatan pelatihan termasuk kategori sangat positif yaitu rata-rata skor 80,75 dari skor maksimum 90 atau sebesar 89,7%.
Referensi
Crismono, P. C. (2017). Penggunaan Media dan Sumber Belajar dari Alam Sekitar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gammath: II(2), 72 – 77.
Mustaghfiroh, S. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1, hal: 141-147.
Muttaqiin A. 2023. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13 (1): 34-42.
Oktaviani, I., Rini, I.A., Ulfah, M.M. and Andriana, A.D., 2021. Pengenalan Media Pembelajaran Daring Berbasis STEM Untuk Guru IPA di SMAN 9 Bandar Lampung. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), pp.77-88.
Ristiani, S.M.I., Triwoelandari, R. and Yono, Y., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 Pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), pp.30-40.
Santika, D.A., Mulyana, E.H. and Nur, L., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), pp.171-184.
Sartika, D., 2019. Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).
Sudiarta IGP. 2019. Pembelajaran Matematika Inovatif. Paramita Surabaya.
Sugiharto A. 2020. Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 3(2): 158-168.
Suryawan, I P. P. 2019. Desain Media Manipulatif Pecahan Berbasis Montessori Untuk SD Gugus VI Kecamatan Baturiti. Jurnal Widya Laksana: VIII(2), 125 – 138.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.