PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN PESANTREN AL-IMAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI DESA PEGAYAMAN, BULELENG, BALI

Penulis

  • Luh Putu Sri Ariyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Mas Hariprawani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

perpustakaan pesantren, literasi sekolah, pengelolaan perpustakaan, pelatihan

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) penerapan iptek ini mengambil tema pelatihan pengelolaan perpustakaan pesantren Al-Iman untuk meningkatkan literasi siswa di Desa Pegayaman, Buleleng Bali. Tujuan PKM adalah untuk meningkatkan literasi siswa khususnya siswa MTs Al-Iman melalui pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah. Kondisi perpustakaan yang belum representative sebagai sumber belajar, membuat siswa tidak pernah berkunjung ke perpustakaan sekolah. Selain karena tidak ada petugas perpustakaan, penataan perpustakaan yang tidak beraturan membuat siswa enggan berkunjung. Padahal koleksi yang dimiliki cukup banyak dan menarik untuk dibaca. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pencapaian tujuan PKM Penerapan iptek diawali dengan melakukan analisis situasi dan identifikasi masalah, merancang pelatihan, pelatihan, serta pendampingan pengelolaan perpustakaan dan penguatan literasi siswa MTs Al-Iman. Luaran PKM Penerapan Iptek adalah video kegiatan dan artikel prosiding seminar nasional.

Referensi

Anugrah, D. (2013). Penataan Ruangan di Perpustakaan Umum Kota Solok. Jurnal Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(2).

Azwar, M., & Rusli, A. N. (2017). Manajemen tata ruang perpustakaan pesantren madani Alauddin Pao-Pao Makassar. Al Maktabah, 15(1), 57–70. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4714

Bafadal, I. (2009). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Askara.

Budiywono, E. (2015). Manfaat Penataan Ruang Di Perpustakaan Al Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi. Pendidikan, Jurnal Hukum, Pemikiran Vol, Islam, 7(1), 127–140.

Suwarno, W. (2011). Perpustakaan dan Buku. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syahdan, Ridwan, M. M., Ismaya, Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2016). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2).

Triwiyanto, T. (2019). Gelombang Liberalisme Pendidikan Mengawal Tata Kelola Pendidikan untuk Rakyat. Jakarta: Kompas.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##