PENGOPTIMALISASIAN PEMASARAN DIGITAL PADA KELOMPOK USAHA KOPI TEDUH MEKORI DESA BELIMBING KECAMATAN PUPUAN
Kata Kunci:
pemasaran digital, UMKMAbstrak
Kegiatan program pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pelaku UMKM yakni kelompok usaha kopi Teduh Mekori di Desa Belimbing dalam memasarkan produknya secara digital. Metode yang dilaksanakan adalah metode pelatihan dan pendampingan berupa ceramah dan demonstrasi. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan melalui 3 tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan pengembangan konseptual dan teknik operasional tentang manajemen usaha, (2) tahap pelatihan dan pendampingan tentang manajemen usaha, dan (3) tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian ini telah menghasilkan suatu pengetahuan dan pemahaman mengenai pemasaran digital melalui periklanan dimedia sosial seperti facebook ads maupun instragram ads agar lebih dikenal masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan kelompok usaha kopi Teduh Mekori di Desa Belimbing. Harapan setelah dilaksanakannya pengabdian ini adalah produk Kopi “Teduh Mekori” lebih dikenal luas oleh masyarakat sebagai bagian dari produk penunjang Desa Wisata di Desa Belimbing.
Referensi
Apriliyani, S., Malik, Z. A., & Surahman, M. (2021). Peran lembaga amil zakat, infaq dan shadaqah muhammadiyah (lazismu) banjarnegara dalam meningkatkan perekonomian kaum dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.100
Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2000, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.
Grönroos, Christian. 2009. Marketing Mix To Relat ion Ship Marketing Towards a Paradgm Shift In Marketing. Journal Management Decision, Jilid 35, Terbitan 4, H. 322- 339, Penerbit MCB UP Ltd.
Kansrini, Y., Febrimeli, D., & Mulyani, P. W. (2020). Tingkat adopsi budidaya yang baik (good agriculture practices) tanaman kopi arabika oleh petani di kabupaten tapanuli selatan. Paradigma Agribisnis, 3(1), 36. https://doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3 957
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT. Indeks
Kotler, P. 2007. Marketing Management. Pearson Education Limited, England.
Madura, Jeff. 2001. Pengantar Bisnis. Edisi Empat Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat
Mohammed, Rafi A, Et All. 2003. Internet Marketing : Building Advantage in a Network Economy, 2nd Edition. Prentice Hall
Narulita, S., Winandi, R., & Jahroh, S. (2014). Analisis dayasaing dan strategi pengembangan agribisnis kopi indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 2(1), 63. https://doi.org/10.29244/jai.2014.2. 1.63-74
Rangkuti, F. (2010). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski, 2003, Introduction To E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York.
Riady, M. 2004. Tantangan dan Peluang Peningkatan Produksi Sapi Potong Menuju Tahun 2020. Paper pada Lokakarya Nasional Sapi Potong 2004. Dirjen Bina Produksi Peternakan. Jakarta.
Rizki, D., Wijonarko, B. R., & Purwanto, P. (2020b). Karakter agronomis dan fisiologis tanaman kopi robusta (coffea canephora) pada dataran tinggi di kecamatan pejawaran kab. banjarnegara. Composite: Jurnal Ilmu Pertanian, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37577/composite .v2i1.168
Rudi. 2010. Perancangan Pemasaran digitalBagi Pemasaran Produk Kecantikan. UPN ”Veteran” Yogyakarta, 22 Mei 2010. Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF 2010). ISSN: 1979-2328
Sarno, S. (2018). Pemberdayaan kelompok masyarakat perajin bambu di desa sirkandi purwareja klampok banjarnegara. (Jurnal Pengabdian JPPM Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 309. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2 .2395
Sihombing, D. T. H. 2006. Ilmu Ternak Babi. Ed. 2. Gadjah Mada University Press. Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Strauss, Judy dan Raymond Frost, 2009, EMarketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey.
Sumiyati, S., & Faisal Akbar, M. (2022). Pelatihan penyusunan laporan keuangan dengan lamikro bagi umkm milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.40 4
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.