PEMBELAJARAN INOVATIF: MEMBERDAYAKAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PEMILIHAN MODEL DAN PEMANFAATAN MEDIA
Kata Kunci:
model pembelajaran, media pembelajaran, evaluasiAbstrak
Pngabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam pemilihan model pembelajaran yang efektif serta pemanfaatan media pembelajaran inovatif di SDN 4 Penarukan. Melalui pendekatan pengabdian masyarakat, kami melaksanakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan sosialisasi menghadirkan narasumber ahli yang memberikan wawasan mengenai model-model pembelajaran terkini dan media inovatif. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung yang melibatkan guru-guru dalam merancang rencana pembelajaran dengan menggunakan model dan media yang telah diperkenalkan. Selanjutnya, pendampingan dilakukan untuk memastikan implementasi yang efektif di kelas. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap model dan media pembelajaran, serta peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Program ini juga menghasilkan kemitraan berkelanjutan antara guru dan lembaga pendidikan untuk mendukung pengembangan profesional lebih lanjut. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pelatihan yang berkesinambungan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
Referensi
Adijaya, M. A. (2023a). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Short Card Terhadap Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.59822
Adijaya, M. A. (2023b). The Implementation of the Paikem Approach by Using the Graphic Media to Increase Students’ Activeness and Learning Outcomes in the Language Subject. Journal of Educational Research and Evaluation, 7(1). https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.59824
Adijaya, M. A., Adil, I. N., & Sari, R. A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENGLISH FOR FB SERVICE BERBASIS E-LEARNING. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 14(1). https://doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17889
Adijaya, M. A., Armawan, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Mobile-Assisted Language Learning (MALL) Innovation for Vocational Education. International Journal of Language Education, 7(3), 469–480.
Aris, B., Ardian, A., & Ferry, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556
Hou, Z., & Aryadoust, V. (2021). A review of the methodological quality of quantitative mobile-assisted language learning research. System, 100. https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102568
Imelda, Cahyono, B. Y., & Astuti, U. P. (2019). Effect of process writing approach combined with video-based mobile learning on Indonesian EFL learners’ writing skill across creativity levels. International Journal of Instruction, 12(3), 325–340. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12320a
Parmiti, D. P., & Apriliawan, P. A. (2021). Improve Students’ Numeracy Skills Using Learning Videos. International Journal of Elementary Education, 5(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34774
Parmiti, D. P., & Lestariningsih, M. D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944
Parmiti, D. P., Sudarma, I. K., & Aritonang, R. (2023). Video Pembelajaran Berbasis Microlearning pada Muatan IPAS. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63538
Parmiti, D. P., Werang, B. R., & Artini, N. W. Y. (2023). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Tema Praja Muda Karana. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5480
Parmiti, D. P., Wibawa, I. M. C., & Wulandari, K. S. (2023). Audio-Visual Learning Media Based on Digital Literacy on the Topic of the Water Cycle. Journal of Education Technology, 7(3). https://doi.org/10.23887/jet.v7i3.64228
Stadler, A., & Smith, A. M. J. (2017). Entrepreneurship in vocational education: A case study of the Brazilian context. Industry and Higher Education, 31(2), 81–89. https://doi.org/10.1177/0950422217693963
Suprianti, G. (2018). PELATIHAN DAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN MEDIA AJAR INOVATIF BERBASIS INTERNET BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS. Widya Laksana, 7(1). https://doi.org/10.23887/jwl.v7i1.11640
Suprianti, G. A. P., Santosa, M. H., Putra, M. A. M., & Jayanta, I. N. L. (2021). “English First” APK for Facilitating Autonomous Screenagers. Journal of Education Technology, 5(2). https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.32758
Suprianti, G., Utami, I. A. M. I., Mahayanti, N. W. S., & Suwastini, N. K. A. (2018). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MEMBACA CERITA BAHASA INGGRIS BAGI GURU SD DI KECAMATAN SERIRIT. Widya Laksana, 7(2). https://doi.org/doi.org/10.23887/jwl.v7i2.15453
Tegeh, I Made; Jampel, I. N. P. T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.
Tegeh, I. M., Asril, N. M., & Khaerunnisa, K. (2022). Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.40335
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Sitanggang, R. R. (2023). Media Pembelajaran Interakti Berbasis Kuis Bermuatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58144
Tegeh, I. M., Sundria, I. B. N., Sudarma, I. K., & Sudatha, I. G. W. (2020). Mobile-Learning Development for Supporting Scientific Approaches in Chemical Learning Using Flipped Classroom Strategy. Journal of Educational Research and Evaluation, 4(2). https://doi.org/10.23887/jere.v4i2.24684
Tegeh, I. M., Ujianti, P. R., & Harefa, E. H. (2022). Metode Pembelajaran Interaktif Penggolongan Benda pada Anak. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 13(3). https://doi.org/10.23887/jibk.v13i3.53267
Widiana, I. W., Triyono, S., Sudirtha, I. G., Adijaya, M. A., & Wulandari, I. G. A. A. M. (2023). Bloom’s revised taxonomy-oriented learning activity to improve reading interest and creative thinking skills. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2221482
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Zahour, O., Benlahmar, E. H., Eddaoui, A., Ouchra, H., & Hourrane, O. (2020). A system for educational and vocational guidance in Morocco: Chatbot E-Orientation. Procedia Computer Science, 175. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.07.079
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.