MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD KECAMATAN BULELENG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK

Penulis

  • I Putu Wisna Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Hendra Martadinata Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pembelajaran berbasis projek, kompetensi, guru SD

Abstrak

Kondisi real di lapangan menunjukkan bahwa guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Buleleng sangat jarang menerapkan pembelajaran berbasis projek (PjBL) dalam pembelajaran di kelas karena mereka kurang paham cara merancang PjBL. Fakta ini diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara yang telah dilakukan saat melaksanakan kegiatan pengabdian pada hari Jumat, 21 Juli 2023. Oleh karena itu perlu ada suatu kegiatan yang bisa dijadikan wahana untuk meningkatkan kompetensi guru terkait dengan PjBL. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan memberi pelatihan kepada guru terkait dengan PjBL dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan ternyata memberikan dampak sangat positif kepada guru utamanya dalam merancang, mengimplementasikan dan melakukan penilaian dalam PjBL. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi program, evaluasi proses pelaksanaan dan evaluasi hasil pelaksanaan yang menunjukkan semua indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan baik.

Referensi

Fajri, N., Bachri, B. S., dan Susarno, L. H. (2024). Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Literasi Numerasi. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 59-70.

Habibah, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Projec Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK AI Musyawirin. Journal of Comprehensive Science, 3(4), 770-782.

Hasriyani, A., Baharullah, dan Agustan. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Project Based Learning (PBL) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (2), 1173-1184.

Mashfufah, A., Utama, C., Pristiani, R., & Kusumaningrum, S.R. (2023). Edukasi Pengembangan Asesmen Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru Sekolah Dasar Bubungan Tinggi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 670-678. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6868

Mujiburrahman, Suhardi, M., dan Hadijah, S. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Neliwati, Situmorang, H. B., Rahayu, P. M., & Munawwarah, R. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 117–120. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15475

Nur Hidayati, A. T. dan Wulandari, F. (2024). Perbedaan Pengaruh Model PjBL dan PBL Terhadap Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 732-740. https://doi. org/10.37630/jpm.v14i3.1828

Pobela, F., Joulanda A, M. dan Rawis, J. M. S. (2023). Assessment Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1174 – 1183. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4985

Tanggu Daga, A., Magi, N., Ata Djoru, I. R., dan Rangga Bela, M. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL dan PjBL Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2393 – 2403. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6739

Undari, M., Darmansyah, dan Desyandri. (2023). Pengaruh Penerapan Model PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Abad 21. Journal Tunas Bangsa 10(1), 25-33

Utari, T. dan Rahimah, Dewi (2023). Pelatihan Perancangan Project Based Learning Berbantuan Teknologi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) 1(2), 55-60.

DOI: 10.33369/abdimas.v1i2.31726

Wardhani, A. I., Rukayah, dan Kurniawan, S. B. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab. Jurnal Pendidikan Dasar 11(2), 141-148. DOI: https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2

Wicaksono, A. G. dan Rahman, I. H. (2023). Implementasi Model Project-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(4), 11-19.

DOI: 10.24235/dimasejati.202354.14336

Winanti Putri, F. P., dan Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 496 – 504. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.356

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##