PEMBERDAYAAN MODUL AJAR BERBASIS DIFERENSIASI DAN PROJEK PROFIL SEBAGAI DHATU BYAKTA PENGIMPLEMENTASIAN MERDEKA BELAJAR

Penulis

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Modul Ajar, Diferensiasi, Projek Profil, Dhatu Byakta, Merdeka Belajar

Abstrak

Permasalahan terkait kesulitan guru dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan kebutuhan belajarnya yang berbeda-beda, serta kesulitan guru melakukan penguatan Profil Pelajar Pancasila terjadi di tingkat satuan pendidikan dasar, tidak terkecuali pada lingkungan SD di Kecamatan Kerambitan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pemberdayaan modul ajar berbasis diferensiasi dan projek profil sebagai dhatu byakta pengimplementasian merdeka belajar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan terkait kesulitan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan kebutuhan belajarnya yang berbeda-beda dan kesulitan melakukan penguatan terhadap siswa untuk mengimplementasikan profil pelajar pancasila. Kegiatan pemberdayaan ini diikuti oleh 17 guru dari beberapa SD di Kecamatan Kerambitan dan dilaksanakan di ruang serbaguna SD Negeri 2 Meliling. Pengujian kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru di lingkungan SD Kecamatan Kerambitan setelah mengikuti kegiatan pemberdayaan dilaksanakan oleh narasumber kegiatan. Pengujian efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dilakukan oleh 17 guru selama kegiatan pengabdian berlangsung. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 5 x termin. Hasil uji kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru serta efektivitas kegiatan pemberdayaan dianalisis dengan cara membandingkan hasil tersebut dengan standar kualitas dan efektivitas yang mengacu skala lima. Kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru sudah terkategori baik dan efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan juga terkategori efektif.

Biografi Penulis

Divayana, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Teknik Informatika

Suyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Teknik Informatika

Agus, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Teknik Elektro

krisna, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Manajemen

Emi, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi S2 Administrasi Pendidikan

Referensi

Adnyana, I. K. S. (2022). Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Seminar Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Pedalitra II), October 2022, 28–36. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/2300

Anjarini, T., Suyoto, Ratnaningsih, A., & Yohana, E. (2023). Pelatihan Penerapan Modul Ajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD Negeri Malangrejo. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 250–260. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.336

Arni, Y., Sunedi, & Laksana, R. B. (2024). Pelatihan Penguatan Profil Pancasila Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi dan Karakter Siswa SD Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.51178/cok.v4i1.1917

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Divayana, D. G. H., Heryanda, K. K., & Suyasa, P. W. A. (2022). Empowerment of Teachers as Evaluators of Asynchronous Learning Based on the Combination of the CSE-UCLA Model with Daiwi Sampad. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(8), 2658–2679. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i8.7800

Halimah, Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019–5033. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552

Imaningtyas, Yarmi, G., & Taofik. (2023). Strategi Backward Design Pada Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila Untuk Melatih Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 15(2), 181–196. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10535

Kurniasandi, D., Zulkarnain, M. A. R., Azzahra, S. A., & Anbiya, B. F. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Implikasinya Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Inklusi di Setiap Jenjang Pendidikan. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 56–64. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2023.003.01.06

Mantasiah, R., Yusri, & Jufri. (2020). Semantic Feature Analysis Model: Linguistics Approach in Foreign Language Learning Material Development. International Journal of Instruction, 13(1), 185–196. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13112a

Muhardini, S., Haifaturrahmah, Ibrahim, Sudarwo, R., Anam, K., Herianto, A., Mahsup, Setiawan, I., & Khosiah. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Guru-guru di SDN 1 Jeringo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2186–2190. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17475

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, 4(1), 34–37. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283/7745

Rofiqi, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 166–176. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i2.58908

Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 134–142. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70394

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384

Siloto, E. N. T., Hutauruk, A., & Sinaga, S. J. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 194–209. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.1155

Suryani, T., Hadad, S. F. A., & Jamilah. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi “Menggunakan Data”. J-PiMat, 5(1), 787–798. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2457

Yusuf, F., Rahman, H., Syamsuddin, A. F., Irfan, M., & Sayidiman, S. (2024). PKM Pelatihan Penyusunan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Guru Sekolah Dasar Di SDN 3 Mimika. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 47–54. https://doi.org/10.47435/jcs.v2i02.2803

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##