INSERVICE TEACHER TRAINING PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI DIFERENSIANSI DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD SARASWATI 3 DENPASAR
Kata Kunci:
Project Based Learning, Diferensiasi pembelajaran, Perangkat PembelajaranAbstrak
Model pembelajaran PjBL berorientasi diferensiasi memberikan banyak dampak positif bagi kualitas belajar siswa. Namun, guru masih terkendala dalam menyusun perangkat/desain pembelajaran PjBL berorientasi diferensiasi secara tepat. Tujuan pelatihan ini adalah melaksanakan Inservice Teacher Training Project Based Learning Berorientasi Diferensiasi untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat meningkatkan kompetensi guru di SD Saraswati 3 Denpasar. Pelatihan ini menerapkan Inservice Teacher Training (INSET) dengan model INSET Joyce & Shower. Program pengabdian ditujukan untuk 33 guru SD Saraswati 3 Denpasar. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap presentasi teori, pemodelan, praktik simulasi, dan umpan balik. Hasil menunjukkan baik program, keaktifan peserta, maupun produk menunjukkan kategori sangat baik. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman peserta mengenai PjBL berorientasi diferensiasi meningkat antara sebelum menjalani pelatihan dan setelah pelatihan. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dihasilkan oleh para guru termasuk dalam kategori sangat baik setelah mengikuti pelatihan. Dengan demikian, terjadi peningkatan kompetensi guru SD Saraswati 3 Denpasar mengenai penyusunan perangkat pembelajaran PjBL berorientasi diferensiasi melalui kegiatan Inservice Teacher Training Project Based Learning Berorientasi Diferensiasi.
Referensi
Alfiandra, Jaenuddin, R., Supriyadi, Safitri, S., Muharromah, A., Lupia, & Dewi, S. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.6190
Copriady, J., Zulnaidi, H., Alimin, M., & Rustaman. (2018). In-service training for chemistry teachers’ proficiency: The intermediary effect of collaboration based on teaching experience. International Journal of Instruction, 11(4).
Ellyana, Y. (2020). The In Service Training In Improving Teachers Performance In Learning Process. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(5). https://doi.org/10.33578/pjr.v4i5.8071
Elviya, D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8).
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212
Hervie, D. M., & Winful, E. C. (2018). Enhancing Teachers’ Performance through Training and Development in Ghana Education Service (A Case Study of Ebenezer Senior High School). Journal of Human Resource Management, 6(1). https://doi.org/10.11648/j.jhrm.20180601.11
Joyce, B., & Showers, B. (1980). Improving inservice training: The messages of research. Educational Leadership, 37(5).
Lema, Y., Nurwahyunani, A., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2798
Mulyanto, A., Maemunah, R. S., & Sopandi, U. (2024). Workshop Penyusunan RPP Diferensiasi dan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Selakopi Kab. Bandung Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1). https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.950
Mustofa, I., & Ulinuha, A. (2023). Formulasi Diklat Guru dalam Jabatan pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id
Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/xyhve
Novinda, S. A. P., Riastini, N., & Paramita, V. A. (2022). Project-Based Learning Electronic Thematic Student Worksheets (E-Book PJBL) Improving Critical Thinking Skills. International Journal of Elementary Education, 6(3), 501–510. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3
Parno, Supriana, E., Hidayat, A., Kurniawan, B. R., Fis, T. N., & Rafidah, F. (2023). Pelatihan Pengembangan RPP Untuk PJBL-STEM-Asesmen Formatif Berorientasi Literasi Sains Bagi Guru IPA SMPN Se-Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6). https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i6.6756
Pramesthi, A. D., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Creative Thinking Skill dan Hasil Belajar Kognitif IPAS (Studi Kuantitatif di SD Gugus Srikandi Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang pada Peserta Didik Kelas IV). Jurnal Pendidikan Indonesia (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 10(2). https://doi.org/10.20961/jpiuns.v10i2.86815
Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C. (2023). Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 7(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978
Suhardi, M. (2022). Evaluasi Program Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Melalui Pelatihan Guru Dalam Jabatan (Vol. 3, Issue 1). journal3.uin-alauddin.ac.id
Utari, T., & Rahimah, D. (2023). Pelatihan Perancangan Project Based Learning berbantuan Teknologi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal AbdimasBencoolen (JAB), 1(2). https://doi.org/10.33369/abdimas.v1i2.31726
Wahyuni, A. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Yanti, R. A., & Novaliyosi. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.