PEMBERDAYAAN RAPOR PENDIDIKAN DAN PERENCANAAN BERBASIS DATA SEBAGAI WUJUD PRAMODHANA OPTIMALISASI DANA BOSP DAN MUTU PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Pemberdayaan, Rapor Pendidikan, Perencanaan Berbasis Data, Pramodhana, BOSP, Mutu PendidikanAbstrak
Kesulitan kepala sekolah dan guru dalam membuat perencanaan sekaligus tata kelola anggaran BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) berbasis kebutuhan real, serta kesulitan dalam mempertahankan penjaminan mutu pendidikan sering terjadi di tingkat satuan pendidikan dasar, tidak terkecuali pada lingkungan SD di Kecamatan Kediri. Salah satu terobosan yang dapat dilakukan untuk membantu kepala sekolah dan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut adalah melalui kegiatan pemberdayaan rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data sebagai wujud pramodhana optimalisasi dana BOSP dan mutu pendidikan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi kesulitan proses analisis terhadap rapor pendidikan dan membuat perencanaan berbasis data dalam menunjang optimalisasi dana BOSP dan pemenuhan mutu pendidikan. Kegiatan pemberdayaan ini diikuti oleh 16 guru dari beberapa SD di Kecamatan Kediri dan dilaksanakan di ruang serbaguna SD Negeri 4 Kaba-kaba. Pengujian kualitas pemahaman para guru di lingkungan SD Kecamatan Kediri setelah mengikuti kegiatan pemberdayaan rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data sebagai wujud pramodhana optimalisasi dana BOSP dan mutu pendidikan dilaksanakan oleh narasumber pelatihan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 5 x pertemuan. Hasil uji kualitas pemahaman para guru dianalisis dengan cara membandingkan hasil skor penilaian yang diberikan oleh narasumber dengan standar kualitas yang mengacu skala sebelas. Kualitas pemahaman para guru sudah terkategori sangat baik.
Referensi
Anggriawan, F., & Muspawi, M. (2023). Analisis Rapor Pendidikan Dalam Perencanaan Berbasis Data Pada RKAS SMP N 4 Betara. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.8193
Divayana, D. G. H., Adiarta, A., & Suyasa, P. W. A. (2023). Implementation of Discrepancy Evaluation Application Based on TOPSIS-TTA. TEM Journal, 12(4), 2613–2624. https://doi.org/10.18421/TEM124-73
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Adiarta, A. (2020). Dissemination and Implementation of THK-ANEKA and SAW-Based Stake Model Evaluation Website. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 11(9), 426–436. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2020.0110951
Fauzi, A., Rahayu, R. P., Khair, H., & Maulita, Y. (2023). Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Pada Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru Menggunakan Metode Indentifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB) Secara Daring. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 3(2), 170-174. https://doi.org/10.46880/methabdi.Vol3No2.pp170-174
Hamid, A., Ulya, K., & Wahyuni, I. (2022). Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Solusi Problem Kultural. AL-KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 51–58. https://doi.org/10.55210/khidmah.v2i2.138
Murtadlo, M., Hazin, M., Roesminingsih, E., & Amalia, K. (2023). Optimalisasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dengan Pelatihan Bagi Sekolah Dasar di Pulau Bawean. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(2), 48–59. https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/27940
Mogot, T. F. (2023). Analisis Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Sidoarjo (Smanor). Jurnal Revenue: Jurnal Akuntansi, 3(2), 617-624. https://doi.org/10.46306/rev.v3i2.132
Musakirawati, Jemmy, Anggriawan, F., Triansyah, F. A., Akib, & Tahir, A. (2023). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia Terhadap Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 7(2), 201–208. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p201-208
Ningsi, G. P., Kurnila, V. S., & Jundu, R. (2022). Pendampingan Sekolah Melalui Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Sebagai Langkah Awal Penyusunan Program sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4725-4735. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11097
Nurlina, L. (2022). Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Untuk Pengawas Sekolah Temanggung dan Pekalongan. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 766–771. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/749
Paramitha, A. D., Wuryandini, E., & Murniati, N. A. N. (2023). Perencanaan program sekolah berbasis data berbantuan worksheet analysis di SMK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4535–4549. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1135
Ruswandi, Y., Saehudin, S., Rijaludawa, W., & Qayum, M. M. (2024). Pelatihan dan Penguatan Strategi Peningkatan Mutu di SMK IT Al Junaediyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(2), 70–78. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i2.170
Sjioen, A., & Ludji, S. (2020). Analisis Efektivitas Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar Negeri Bonipoi 2 Kota Kupang. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(3), 12–18. https://doi.org/10.32938/jie.v2i3.732
Sujaya, K. A., Naqiyah, A., Putri, B. E. D., Heriani, B. M. R., Lestari, A. S., Sari, R. P., Adawiyah, R., & Pramunita, R. (2024). Pengenalan Rapor Pendidikan pada SDN 2 Taman Ayu. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/rengganis.v4i1.373
Syamsuddin, M. A., & Harianto, B. T. (2023). Analisis Rapor Pendidikan Sebagai Dasar Penyusunan Program Berbasis Data. Khazanah Intelektual, 7(2), 1717–1732. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i2.207
Turambi, K., Budiarso, N. S., & Kalalo, M. Y. B. (2024). Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 76 Manado. Riset Akuntansi dan Portofolio Investasi, 2(2), 180–197. https://doi.org/10.58784/rapi.150
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.