INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI ILMU KEOLAHRAGAAN ADAPTIF DALAM PEMPROFILAN DAN PENDATAAN SISWA DISABILITAS DI BALI
Kata Kunci:
TI, Ilmu Keolahragaan, Adaptif, DisabilitasAbstrak
Manfaat teknologi informasi ilmu keolahragaan adaptif, untuk meningkatkan 1) personalisasi dan adaptasi, 2) analisis data lanjutan, 3) pengembangan komunitas online, 4) mendapatkan pelatihan dan pendidikan dan 5) untuk meningkatkan evaluasi dan peningkatan berkelanjutan. Langkah-langkah utama dalam integrasi ini termasuk penggunaan sistem informasi berbasis teknologi, seperti aplikasi mobile atau platform web khusus, yang memungkinkan petugas pendidikan dan pelatih olahraga untuk mengakses informasi terkait siswa disabilitas dengan mudah. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah; 1) terwujudnya adaptasi teknologi informasi (TI) keolahragaan bagi disabilitas di Bali, 2) pendataan siswa disabilitas secara online dan berkelanjutan, untuk memudahkan memberikan pelayanan sesuai dengan tingkat Disalibitasnya masing-masing, 3) profil kekinian sepanjang waktu, sebagai dasar pemegang kebijakan dalam mengembangkan kebutuhan dan keperluan Disabilitas di Bali. Capaian yang dihasilkan; 1) disabilitas fisik di bali ada 15,14%, 2) disabilitas sensorik 44,50%, disabilitas intelektual 27,98%, 3) disabilitas psikososial 8,26%, 4) disabilitas ganda 4,13%.
Referensi
Ainscow, M., & Miles, S. (2008). Making Education Inclusive. London: Routledge.
A. J., K. E. (2010). ustifying and explaining disproportionality. A critique of underlying views of culture. Exceptional Children, A critique of underlying views of culture. Exceptional Children.
Anderson, C. (2018). The Advantage of Technology in Special Education. A Review of Literature. Journal of Special Education Technology, 31(1), 3-13.
Brown, A., & Thompson, R. (2021). The Role of Information Technology in Sports Science Education. Journal of Sports Technology, 14(2), 110-120.
Budiarto, A. (2019). Jurnal Hukum dan Keadilan. "Implementasi Hak Asasi Manusia bagi Penyandang Disabilitas di Indonesia", 89-105.
Education, B. P. (2023). Report on the Implementation of ICT in Special Schools in Bali. Denpasar: Bali Provincial Government, 10-15.
Gargiulo, R. M. (2012). Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Johnson, P. (2019). Training Software and its Impact on Sports Performance. International Journal of Sports Science & Coaching, 14(3), 75-85.
Lipsky, D. K., & Gartner, A. (1997). Inclusive Education: A Requirement of a Democratic Society. Harvard Educational Review, 67(3), 478-503
Martin L. Maehr, P. R. (2003). "Motivasi dalam Konteks Pendidikan". Merrill.
Rose, D. H., & Meyer, A. (2002). Teaching Every Student in the Digital Age: Universal Design for Learning. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development
Smith, J. (2019). "Improving Accessibility: A Guide for Infrastructure Planning.". Journal of Urban Planning, 25(2), 45-
Smith, J. (2020). Inclusive Employment Practices for People with Disabilities. New York: PublisherX, 25-40.
Smith, J., & Jones, M. (2020). Data Analysis in Sports: Techniques and Applications. Sports Analytics Review, 8(1), 40-50.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
United Nations. (2006). Convention on the Rights of Persons with Disabilities. New York: United Nations.
White, R., et al. (2022). Health Monitoring in Sports Using IT Systems. Journal of Sports Medicine and Technology, 16(1), 85-95
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.