PELATIHAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI ASTA LEARNING CENTRE
Kata Kunci:
pendidikan, nonformal, karakter, terintegrasiAbstrak
Pendidikan nonformal merupakan pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal. Untuk melaksanakan pembinaan kompetensi terintegrasi dengan pendidikan karakter, melalui sebuah penelitian sudah dikembangkan model belajar sambil membantu dan model evaluasi menilai sambil bekerja. Model pembelajaran dan model evaluasi tersebut didiseminasikan melalui pengabdian kepada masyarakat untuk pendidikan nonformal di Asta Learning Centre yang menawarkan program pelatihan di bidang penerbangan. Selain kompeten dan terampil, lulusan yang dihasilkan harus memiliki karakter yang baik agar dapat memberi layanan optimal. Kegiatan pengabdian diawali dengan focus group discussions melibatkan pelaksana pengabdian, pengelola lembaga pendidikan, dan instruktur untuk membahas program pengabdian. Selanjutnya, pembelajaran dimulai dengan mengintegrasikan materi ajar dengan pendidikan karakter. Pada akhir setiap topik bahasan dilakukan evaluasi formatif dan setelah program pengabdian berakhir dilakukan evaluasi sumatif. Manfaat yang diperoleh dari pengabdian ini adalah: tercipta kebiasaan pada setiap instruktur dan staf lembaga pendidikan untuk melaksanakan pendidikan karakter secara terpadu, serta tercipta iklim lembaga pendidikan yang kondusif.
Referensi
Asta Learning Center: Kampus Pnerbangan, Kampus Digital. https://www. astacademy.or.id/
Candiasa, I Made, dkk., 2018, Pelatihan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Karakter di SD Laboratorium Undiksha, Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, Tidak Diterbitkan
Candiasa, I Made, dkk. 2023, Pelatihan Pemanfaatan Media Online untuk Pendidikan Karakter di SMK Negeri 2 Tabanan, Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, Tidak Diterbitkan.
Direktorat Sekolah Dasar. 12 Pebruari 2022. Luncurkan Kurikulum Merdeka, Mendikbudristek: Ini Lebih Fleksibel!. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/ artikel/detail/luncurkan-kurikulum-merdeka-mendikbudristek-ini-lebih- fleksibel.
Kemdiknas, 2011, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemdiknas.
Kompas.com. 05/12/2022. "Kurikulum Merdeka Menguatkan Karakter dan Kolaborasi Peserta didik", https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/ 05/202307571/kurikulum-merdeka-menguatkan-karakter-dan-kolaborasi- peserta didik?page=all.
Lickona, Thomas, 2001, The Teacher’s Role in Character Education, Boston University, Boston.
Mertasari. N M S, I M Yudana and N Gita. 2017. Assessing by doing: A Balinese culture based assessment. International Conference on Mathematics and Natural Sciences (IConMNS 2017) IOP Publishing IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1040 (2018) 012026 doi :10.1088/1742- 6596/1040/1/012026 1234567890 ‘’
Santiyadnya, N., I Made Candiasa, Gusti Ketut Arya Sunu. 2017. LEARNING WHILE HELPING: A CULTURE-BASED COOPERATIVE LEARNING MODEL FOR VOCATIONAL EDUCATION.
Advances in Social Science, Education and Humanities Research, August 2017.
Sri Mertasari, Ni Made, 2021, PELATIHAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU DENGAN BIDANG STUDI UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DESA TIHINGAN KABUATEN KLUNGKUNG, Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, Tidak Diterbitkan.
Suaramerdeka.com, 02 Mei 2011, Mendiknas: Pendidikan Karakter Segera Diterapkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.