PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN OMOTENASHI UNTUK SISWA JURUSAN PERHOTELAN SMK NEGERI 2 SINGARAJA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Kata Kunci:
Omotenashi, Pendekatan Kontekstual, Pelatihan, PendampinganAbstrak
Kurikulum Merdeka memiliki program SMK Pusat Keunggulan. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja. Sebagai salah satu upaya mendukung program SMK Pusat Keunggulan, dilaksanakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan omotenashi. Omotenashi adalah keramahtamahan dalam menerima tamu yang menjadi ciri khas Jepang. Tujuan dari kegiatan adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan etika kerja khususnya omotenashi dalam konteks bahasa dan budaya Jepang. Sasaran kegiatan adalah siswa jurusan perhotelan SMK Negeri 2 Singaraja sebanyak 40 orang. Pelatihan dan pendampingan diberikan melalui pendekatan kontekstual, dengan metode ceramah, demonstrasi, praktik dan bermain peran. Berdasarkan evaluasi, kegiatan ini berjalan dengan baik Hasil kegiatan menujukkan peserta mampu mempraktikkan omotenashi dalam bentuk video bermain peran dengan nilai baik. Tujuan kegiatan juga tercapai karena hasil angket menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta terhadap omotenashi.
Referensi
Andriyani. (2022). Pelatihan Hospitality kepada Siswa LPK Singaraja dan Lampung secara Daring. Lokatara Saraswati: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-7.
Ardiantari. (2023). Pelatihan Hospitality dan Budaya Jepang pada Staf DTW Jatiluwih. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat III 2023, 144-150.
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.
Mizutani, O. (2021). Nihonjijo Handbook. Tokyo: Taishukan.
Ota, T. (2016). The difference in movement of experienced and in experienced persons in Japanese bowing. Energy Procedia.
Rosliana, L. (2018). Omotenashi: Budaya Keramahtamahan di Jepang (Akar Budaya dan Manifestasinya). Kiryoku, 2(3), 135-142.
Sumarsono, D. (2019). Contextual Teaching Learning (CTL) Approach in Spreaking Materials for Students’ 21st Century Skill: Does It Have Any Effect?. The Faculty Journal of English Language Teaching, 6(2), 99-105.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.