LITERASI TEKNOLOGI: PELATIHAN SISTEM E-INFORMASI PEMETAAN KARIR SISWA DALAM MENUNJANG MANAJEMEN SEKOLAH DI KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Kadek Rihendra Dantes Jurusan Teknologi Industri FTK UNDIKSHA
  • Dantes Nyoman Jurusan Pendidikan Dasar FIP UNDIKSHA
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan FIP UNDIKSHA

Kata Kunci:

karir siswa, sistem e-informasi, pemetaan

Abstrak

Perencanaan dan pengambilan keputusan karir oleh individu harus dimulai ketika siswa ada di sekolah karena sekolah merupakan tempat untuk mengembangkan bakat, kemampuan, potensi, minat, dan kepribadian, dan masa-masa siswa di sekolah menengah merupakan waktu yang penting untuk mengembangkan kesadaran karir, membuat perencanaan karir, dan mulai memutuskan tentang persoalan karir. Analisisi situasi pada pengabdian ini dilakukan dengan kajian teoritik dan empirik, berdasarkan pada kajian-kajian yang relevan. Pengabdi melihat bahwa pemetaan karir yang tepat dan sesuai merupakan proses yang penting bagi individu untuk dapat mencapai kesejahteraan psikologis sehingga upaya untuk membantu mendapatkan kesadaran tentang karir dan peluang yang tersedia sebelum membuat pilihan karir harus diintensifkan melalui penggunaan aplikasi berbasis digital dalam implementasinya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi dan keterampilan manajemen informasi melalui pelatihan sistem e-informasi pemetaan karir siswa di sekolah-sekolah Kabupaten Buleleng. Pelatihan ini ditujukan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dengan fokus pada penggunaan aplikasi berbasis digital untuk memetakan minat, bakat, dan potensi karir siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan partisipatif, diskusi kelompok, dan simulasi penggunaan sistem e-informasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta memiliki peningkatan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi dalam mendukung manajemen sekolah, khususnya dalam hal pemetaan karir siswa. Implementasi sistem ini juga berpotensi untuk memperbaiki pengelolaan data siswa secara keseluruhan, sehingga dapat membantu sekolah dalam perencanaan program bimbingan dan pengembangan karir yang lebih efektif. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan literasi digital di sekolah-sekolah Kabupaten Buleleng serta mendorong terciptanya manajemen pendidikan yang lebih baik.

Referensi

Angelina, P.R., Kasman, R. & Dewi, R.S. (2020). Model Bimbingan dan Konseling Karier Untuk Mengatasi Pengangguran di Kota Bogor. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 178-2. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3442

Coertse, S. & Schepers, J.M. (2004). Some Personality and Cognitive Correlates of Career Maturity. SA Journal of Industrial Psychology. 30(2), a150. https://doi.org/10.4102/sajip.v30i2.150

Ismail, M.S., Abdullah, S.S., Mohamad, M.Z., & Kahiruldin, W.M. (2018). Student’s Career Maturity: Implications on Career Counseling. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 8(4), 887-7. http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i4/4072

Lau, P. L., Chung, Y. B., and Wang Lei. (2019). Effects of a Career Exploration Intervention on Students’ Career Maturity and Self-Concept. Journal of Career Development, x(xx), 1-14. https://doi.org/10.1177/0894845319853385

Muzamiroh, L. M. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.

Seah, Jonny., Ridho, M. R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang Untuk Alat Berat Berbasis Desktop Pada Cv Batam Jaya. Comasie. 2020; 3(3). http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##