INSERVICE TEACHER TRAINING UNDERSTANDING BY DESIGN UNTUK KURIKULUM MERDEKA DI SD SARASWATI 3 DENPASAR

Penulis

  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Eka Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Eka Yuniasri SD Saraswati 3 Denpasar
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Mayun Wulantari Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

inservice teacher training, understanding by design, desain pembelajaran berorientasi tujuan, kurikulum merdeka

Abstrak

Guru SD 3 Saraswati Denpasar memiliki motivasi tinggi untuk belajar dan berkembang, sehingga mereka terus berupaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Akan tetapi, guru masih terkendala dalam merancang rencana pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian tujuan (UbD) dan saling berkaitan antar komponennya. Para guru mengharapkan adanya fasilitasi dari akademisi tentang topik tersebut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru SD Saraswati 3 Denpasar dalam merancang rencana pembelajaran berorientasi tujuan melalui kegiatan Inservice Teacher Training Understanding by Design. Pengabdian ini menerapkan Inservice Training (INSET) dengan model INSET Joyce & Shower. Program pengabdian ditujukan kepada 33 guru SD Saraswati 3 Denpasar. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap presentasi teori, pemodelan, praktik simulasi, dan umpan balik. Hasil menunjukkan bahwa program dan partisipasi peserta mendapat perolehan hasil yang sangat baik. Pemahaman peserta tentang UbD juga meningkat dari sebelum memeroleh pelatihan dan sesudah memeroleh pelatihan, yaitu dari 73 menjadi 88. Hasil desain pembelajaran UbD yang dibuat oleh peserta juga mendapat perolehan penilaian yang sangat baik, yang menunjukkan peningkatan kualitas desain pembelajaran berbasis UbD. Dengan demikian, terjadi peningkatan kompetensi guru SD Saraswati 3 Denpasar melalui kegiatan Inservice Teacher Training Understanding by Design dalam perumusan desain pembelajaran berorientasi tujuan.

Referensi

Copriady, J., Zulnaidi, H., & Alimin, M. (2018). In-service Training for Chemistry Teachers’ Proficiency: The Intermediary Effect of Collaboration Based on Teaching Experience. International Journal of Instruction, 11(4), 749–760. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11447a

Dack, H., & Merlin-Knoblich, C. (2019). Improving Classroom Guidance Curriculum With Understanding by Design. The Professional Counselor, 9(2).

Dia, M. A., & Fatlololo, L. (2024). Dimensi Sikap dan Perilaku Belajar Orang Dewasa. LIBEROSIS, 2(2). https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325

Ellyana, Y. (2020). The In Service Training In Improving Teachers Performance In Learning Process. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(5). https://doi.org/10.33578/pjr.v4i5.8071

Fatmawati, W., Sutrisno, & Purwaningsih, C. (2023). Understanding By Design Berbasis Pbl Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru.

Gloria, R., Sudarmin, Wiyanto, & Indriyanti, D. (2020). Formative assessment with understanding by designto improve students’habits of mind. Journal of Physics: Conference Series, 1521(042094). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042094

Joyce, B., & Showers, B. (1980). Improving inservice training: The messages of research. Educational Leadership, 37(5).

KOÇ, E. M. (2016). A General Investigation of the In-Service Training of English Language Teachers at Elementary Schools in Turkey. International Electronic Journal OfElementary Education, 8(3).

Lumbreras, R., & Rupley, W. H. (2020). Pre-service teachers’ application of understanding by design in lesson planning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 594–599. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20491

Mangundjaya, W. L., Wicaksana, S. A., & Ersya, C. H. A. I. (2022). Board Game: Cara Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Orang Dewasa. Sosio Konsepsia, 11(2). https://doi.org/10.33007/ska.v11i2.3078

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1076/773

Sari, Anggita, R., & Suneki, S. (2024). Penerapan Understanding By Designdalam Perencanaan Pembelajaran Penegakkan dan Perlindungan Hukum di Indonesia. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(3). https://doi.org/47467/eduinovasi.v4i3.2310

Setiaji, K., Jaenudin, A., Atikasari, M., A.M., M. Z., & Rohmah, D. S. N. (2024). Penguatan Guru Ekonomi Jateng Dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Understanding By Design Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Implementasi, 4(1).

Suhaili, N. (2020). Peran Motivasi dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik, 8(3), 46–55. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i3.06

Susanti, S. A., Setiawan, D., Puspitasari, F. D., Faridah, E., Jannah, I., Latifah, H., & Hindriati. (2023). Understanding by Design in Teaching English as a Foreign Language at SMK N 2 Surakarta: A Case Study. Jurnal Pendidikan, 5(2).

Taiyabi, F. (2021). Understanding by Design (UbD) “Curriculum Innovation and Instructional Development.” International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(4).

Vathanavong, T., & Souttaphong, B. (2019). Curriculum Development on Understanding by Design (UbD) Through the Use of CIPPA Principles for Lecturers. Souphanouvong Journal, 5(1).

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##